Rayakan Ulang Tahun ke-10, Instagram Rilis Fitur Tersembunyi untuk Ganti Ikon

Kompas.com - 06/10/2020, 20:52 WIB
ilustrasi Instagram businessinsider.comilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (6/10/2020), Instagram genap berusia 10 tahun. Media sosial yang berada di bawah naungan Facebook ini merayakannya dengan cara yang unik.

Instagram merilis sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah sebuah fitur tersembunyi di mana pengguna bisa mengganti ikon aplikasi Instagram di homescreen.

Terdapat 13 varian ikon yang dapat dipilih termasuk seperti Twilight, Aurora, Gold, Sunrise, hingga ikon instagram lawas.

Pengguna bisa memilih logo klasik Instagram, yang diusung pertama kali oleh platform media sosial ini pada tahun 2010 lalu.

Pilihan ikon tersembunyi yang bisa dipilih pengguna Instagram. How To Geek Pilihan ikon tersembunyi yang bisa dipilih pengguna Instagram.
Untuk dapat menemukan fitur tersembunyi ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru. Fitur ini tersedia baik untuk pengguna iOS maupun Android.

Baca juga: Instagram Sediakan Tombol Belanja di IGTV dan Reels

Jika sudah, pengguna bisa pergi ke halaman profile dan pilih menu Settings. Selanjutnya, pengguna dapat menggulir halaman Settings ke bawah, hingga muncul deretan emoji.

Setelah itu, pengguna dapat memilih untuk mengubah ikon Instagram sesuai dengan pilihan ikon yang tersedia. Kendati demikian, fitur rahasia ini tampaknya belum bisa diakses oleh semua pengguna.

Kendati demikian, pengguna yang belum dapat mengakses fitur tersembunyi ini tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, Instagram tampaknya menggulirkan fitur tersebut secara bertahap.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, fitur tersembunyi ini disinyalir akan dapat diakses selama Oktober 2020. Fitur ini juga sudah bisa dicoba di Indonesia, namun, belum tersedia secara merata. 

KompasTekno juga mencoba fitur ini di ponsel Samsung Galaxy S20 Ultra, Galaxy A50s dan Nokia 5, namun, hasilnya nihil. Saat mencoba menggulirkan halaman Settings, KompasTekno tidak dapat menemukan ikon-ikon yang dimaksud.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Aplikasi Instagram Pertama Kali Dirilis

Selain fitur tersembunyi, ada pula fitur lain yang digelontorkan seperti Private Map dan fitur Stories Map. Sebagai informasi, Instagram pertama kali didirkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada 6 Oktober 2010.

Instagram kemudian dicaplok oleh Facebook pada April 2012 dengan nilai 1 miliar dollar AS atau sektiar Rp 14,7 triliun apabila dikonversi dengan kurs transaksi hari ini.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X