Game "Cyberpunk 2077" Dipastikan Meluncur 19 November

Kompas.com - 07/10/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi Cyberpunk 2077 CDPRIlustrasi Cyberpunk 2077

KOMPAS.com - Setelah sempat mengalami beberapa kali penundaan, CD Projekt Red (CDPR) akhirnya resmi mengumumkan tanggal peluncuran game Cyberpunk 2077.

Melalui akun Twitter resminya, CDPR mengonfirmasi bahwa proses pembuatan game telah rampung. Walhasil, game bergenre science-fiction RPG itu dipastikan siap dirilis pada 19 November mendatang.

Cyberpunk 2077 sendiri merupakan game adaptasi dari seri Cyberpunk yang pertama kali dirilis pada 1988.

Dalam game tersebut, pemain akan berperan sebagai "V", yang nantinya akan menjelajahi dunia politik bawah tanah bernama Night City, serta berurusan dengan berbagai kelompok kriminal.

Baca juga: Ini Dia Spesifikasi Minimum untuk Main Cyberpunk 2077 di PC

Cyberpunk 2077 sejatinya direncanakan hadir pada April lalu. Namun peluncuran tersebut kembali diundur hingga 17 September.

CDPR mengatakan penundaan waktu peluncuran terpaksa dilakukan, karena pihak developer masih perlu menambahkan sejumlah konten, sekaligus memoles kembali elemen-elemen yang terdapat di dalam game.

Demi mencegah adanya keterlambatan lebih lanjut, pihak CDPR bahkan menerapkan sistem kerja crunch kepada para pekerjanya. Mereka bahkan harus bekerja lembur selama enam hari penuh dalam satu pekan.

Seorang karyawan CDPR yang dirahasiakan identitasnya pun mengaku telah bekerja dengan sistem tersebut selama lebih dari satu tahun.

Baca juga: 7 Game Menarik yang Akan Dirilis Bulan Oktober 2020

Sebagai informasi, crunch merupakan pola kerja lembur yang diterapkan oleh para studio game. Crunch umumnya diterapkan oleh sebuah studio game untuk mengejar ketertinggalan dalam proses pembuatan game, sehingga game tersebut dapat dirilis tepat waktu.

"Enam pekan terakhir merupakan upaya terakhir kami dalam merampungkan proyek terlama yang pernah kami garap," kata Kepala Studio CDPR, Adam Badowski.

Meski telah mendapat banyak kecaman, namun pola kerja crunch rupanya telah lama diadopsi oleh CDPR, bahkan jauh saat masih memproduksi game The Witcher 3: Wild Hunt.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban, pihak CDPR berjanji untuk memberikan kompensasi dalam bentuk uang tunai, yang akan dibayarkan kepada para karyawannya yang telah bekerja lembur.

Dihimpun KompasTekno dari Android Central, Rabu (7/10/2020), Cyberpunk 2077 akan hadir pada konsol PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Nantinya, game ini juga akan tersedia pada PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X