Asus ROG Phone 3 Versi Resmi Terblokir, IMEI Diduga Tak Terdaftar

Kompas.com - 07/10/2020, 19:45 WIB
Notifikasi yang muncul ketika kartu SIM dimasukan ke slot SIM 2 ROG Phone 3 KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaNotifikasi yang muncul ketika kartu SIM dimasukan ke slot SIM 2 ROG Phone 3

KOMPAS.com - Regulasi pemblokiran melalui nomor IMEI sejatinya ditujukan untuk ponsel yang dijual secara ilegal di Indonesia (Black Market/BM). Namun, ponsel gaming Asus ROG Phone 3 yang masuk secara resmi ke Indonesia pada September lalu juga ikut terblokir.

Sebagian ROG Phone 3 tidak dapat terhubung dengan operator seluler di Indonesia, termasuk ROG Phone 3 yang digunakan KompasTekno. Masalah ini hanya terjadi ketika kartu SIM digunakan di slot kedua (SIM 2).

Sesaat setelah kartu SIM dimasukkan, muncul notifikasi yang berbunyi "SIM 2 not allowed". Notifikasi tersebut mengindikasikan bahwa kartu SIM 2 tidak berhasil mendapatkan sinyal.

Alhasil, pengguna ROG Phone 3 tidak dapat menggunakan layanan telepon, SMS, dan internet melalui kartu SIM 2 tersebut.

Asus Indonesia pun mengonfirmasi hal ini. Menurut Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, kendala ini diduga terjadi karena database mesin blokir ponsel BM (CEIR) yang dikelola pemerintah saat ini dalam keadaan penuh.

Baca juga: Mesin CEIR Penuh, Asosiasi Sebut Ponsel Resmi Ikut Kena Blokir

Firman mengatakan bahwa nomor IMEI pada slot kartu SIM 2 hanya terdaftar di database Kementerian Perindustrian dan tidak terdaftar di mesin CEIR.

Ini berbeda dengan nomor IMEI yang terdapat di slot kartu SIM 1 yang telah terdaftar di database Kemenperin dan sistem CEIR.

"Banyak IMEI milik ROG Phone 3 yang tidak sempat masuk ke sistem CEIR karena sudah terlalu penuh," tutur Firman kepada KompasTekno, Rabu (7/10/2020).

Firman menegaskan bahwa gangguan ini hanya terjadi pada slot SIM 2 saja, sehingga pengguna ROG Phone 3 masih terhubung dengan operator seluler melalui slot kartu SIM 1.

"Sinyal aman kalau menggunakan satu kartu dan dipasang di slot SIM 1," kata Firman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X