Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ROG Phone 3 Versi Resmi Terblokir, IMEI Diduga Tak Terdaftar

Kompas.com - 07/10/2020, 19:45 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Regulasi pemblokiran melalui nomor IMEI sejatinya ditujukan untuk ponsel yang dijual secara ilegal di Indonesia (Black Market/BM). Namun, ponsel gaming Asus ROG Phone 3 yang masuk secara resmi ke Indonesia pada September lalu juga ikut terblokir.

Sebagian ROG Phone 3 tidak dapat terhubung dengan operator seluler di Indonesia, termasuk ROG Phone 3 yang digunakan KompasTekno. Masalah ini hanya terjadi ketika kartu SIM digunakan di slot kedua (SIM 2).

Sesaat setelah kartu SIM dimasukkan, muncul notifikasi yang berbunyi "SIM 2 not allowed". Notifikasi tersebut mengindikasikan bahwa kartu SIM 2 tidak berhasil mendapatkan sinyal.

Alhasil, pengguna ROG Phone 3 tidak dapat menggunakan layanan telepon, SMS, dan internet melalui kartu SIM 2 tersebut.

Asus Indonesia pun mengonfirmasi hal ini. Menurut Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, kendala ini diduga terjadi karena database mesin blokir ponsel BM (CEIR) yang dikelola pemerintah saat ini dalam keadaan penuh.

Baca juga: Mesin CEIR Penuh, Asosiasi Sebut Ponsel Resmi Ikut Kena Blokir

Firman mengatakan bahwa nomor IMEI pada slot kartu SIM 2 hanya terdaftar di database Kementerian Perindustrian dan tidak terdaftar di mesin CEIR.

Ini berbeda dengan nomor IMEI yang terdapat di slot kartu SIM 1 yang telah terdaftar di database Kemenperin dan sistem CEIR.

"Banyak IMEI milik ROG Phone 3 yang tidak sempat masuk ke sistem CEIR karena sudah terlalu penuh," tutur Firman kepada KompasTekno, Rabu (7/10/2020).

Firman menegaskan bahwa gangguan ini hanya terjadi pada slot SIM 2 saja, sehingga pengguna ROG Phone 3 masih terhubung dengan operator seluler melalui slot kartu SIM 1.

"Sinyal aman kalau menggunakan satu kartu dan dipasang di slot SIM 1," kata Firman.

Jangan aktifkan SIM 2

Untuk mencegah terjadinya permasalahan lebih lanjut, Firman mengimbau kepada para pengguna agar hanya menggunakan satu kartu SIM saja dan tidak menggunakan slot kartu SIM kedua.

Baca juga: Kapasitas Mesin Blokir Ponsel BM Hampir Penuh, Input Nomor IMEI Tersendat

Sebab, jika nomor IMEI salah satu slot kartu SIM tidak terdaftar sebagai IMEI legal, maka ada kemungkinan jaringan seluler ponsel tersebut akan diblokir sepenuhnya.

"Peraturan GSMA menyebutkan, jika jaringan mendeteksi ada salah satu IMEI yang tidak terdaftar, maka secara otomatis seluruh slot SIM akan dimatikan," jelas Firman.

Saat ini, pihak Asus Indonesia mengaku tengah berkoordinasi dengan Kemenperin, Kemenkominfo, dan operator selular terkait hilangnya sinyal di ROG Phone 3.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com