Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda iPad Air 4 dan Apple Watch SE Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 08/10/2020, 09:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pertengahan September lalu, arloji pintar Apple Watch Series 6 dan Watch SE kemungkinan akan segera dijual di Indonesia. Begitu pula dengan dua gadget teranyar lain, yakni iPad Air 4 dan iPad generasi ke delapan.

Tanda-tanda bahwa mereka akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat adalah munculnya sertifikasi lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di laman Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca juga: Apple Luncurkan iPad Air 4, Pertama dengan Chip Terkuat A14 Bionic

Ada dua sertifikat yang terdaftar pada tanggal 5 Oktober 2020 dan diajukan oleh perusahan PT. Apple Indonesia. Pertama adalah sertifikasi komputer tablet dengan nomor sertifikasi 929/SJ-IND.8/TKDN/10/2020.

Ada dua produk yang terdaftar, yakni Apple iPad model A2429 (iPad 8, 2020) dan Apple iPad Air model A2072 (iPad Air 4). Keduanya sama-sama mengantongi bobot nilai TKDN sebesar 30 persen.

Tangkapan layar TKDN iPad Air di laman sertifikasi TKDN Kemenperin.TKDN Kemenperin Tangkapan layar TKDN iPad Air di laman sertifikasi TKDN Kemenperin.

Sertifikasi kedua adalah smartwatch dengan nomor sertifikat 928/SJ-IND.8/TKDN/10/2020.

Ada empat model produk yang didaftarkan. Pertama adalah dua Apple Watch Series 6 model A2375 dan model A2376. Kemudian dua model lainnya adalah Apple Watch SE model A2355 dan model A2356.

Keempat smartwatch memperoleh nilai TKDN sebesar 30 persen seperti iPad. KompasTekno, pada Kamis (8/10/2020), juga telah mengunjungi laman sertifikasi postel Ditjen SDPPI, namun sertifikat yang sama belum terlihat.

Baca juga: Apple Perkenalkan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE, Harganya?

Selain memenuhi persyaratan TKDN, gadget juga harus lolos uji Ditjen SDPPI sebelum bisa dipasarkan di Indonesia.

Apple Watch SE sendiri merupakan Apple Watch "murah" yang juga diluncurkan Apple bulan September lalu. Fisiknya serupa dengan Apple Watch Series 6, tapi spesifikasinya identik dengan Apple Watch 5.

Tangkapan layar TKDN Apple Watch Series 6 di laman sertifikasi TKDN Kemenperin.TKDN Kemenperin Tangkapan layar TKDN Apple Watch Series 6 di laman sertifikasi TKDN Kemenperin.
Namun, beberapa fitur kunci di Apple Watch Series 6 turut dimiliki Apple Watch SE. Seperti sistem operasi watchOS 7, pelacakan waktu tidur, pendeteksi waktu cuci tangan, dan pendeteksi jatuh.

Sementara itu, Apple Watch Series 6 membawa fitur unggulan lain, salah satunya adalah pendeteksi kadar oksigen dalam darah yang memanfaatkan teknologi sinar infrared. Smartwatch ini bisa mendeteksi tingkat oksigen dalam darah dalam waktu 15 detik.

Apple Watch Series 6 ditenagai chip A13 Bionic yang telah disesuaikan untuk Apple Watch.
Bagaimana dengan iPad Air 4? Tablet ini merupakan perangkat pertama Apple yang diotaki chip A14 Bionic terbaru.

Baca juga: Mengenal Chip A14 Bionic yang Bakal Jadi Dapur Pacu iPhone 12

Sementara itu, iPad Air 4 memiliki desain yang mirip dengan iPad Pro dengan layar berbentang 10,9 inci dan resolusi 2360 x 1640. Tidak ada konektor Lighting, fungsinya digantikan oleh USB tipe C seperti iPad Pro.

Tablet ini juga telah mendukung aksesori Apple Pencil 2 dan Magic Keyboard Apple. Di belakang terdapat sebuah kamera beresolusi 12MP (f/1.8) dan ada sebuah kamera selfie beresolusi 7MP di bagian depan.

Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SEMac Rumors Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE
Saat diluncurkan, iPad Air model WiFi dijual mulai dari 599 dollar AS atau sekitar Rp 8,8 juta (kurs rupiah saat berita ini ditulis). Sementara model WiFi+seluler dijual dengan harga 729 dollar AS atau sekitar Rp 10,8 juta.

Baca juga: 13 Oktober, Apple Gelar Acara Peluncuran iPhone 12

Untuk Apple Watch Series 6, dijual mulai dengan banderol 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,9 juta. Sedangkan Apple Watch SE dijual mulai dari harga 279 dollar AS atau sekitar Rp 4,1 juta.

Lantas berapa harga jualnya di Indonesia? Jawabannya baru bisa diketahui saat resmi dirilis nanti. Sayangnya, masih belum ada informasi jadwal perilisan iPad Air dan Apple Watch Series 6 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com