Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Luncurkan Ponsel Gaming Akhir Tahun?

Kompas.com - 08/10/2020, 16:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di ajang tahunan "Snapdragon Tech Summit" yang rencananya akan digelar pada Desember 2020, Qualcomm berencana memperkenalkan chipset terbarunya, Snapdragon 875.

Di acara yang sama, pabrikan chip asal AS ini konon juga akan memamerkan ponsel gaming buatan mereka sendiri. Dikabarkan, Qualcomm menggandeng vendor ponsel Asus untuk mendesain ponsel gaming ini.

Asus sendiri selama ini dikenal sebagai pabrikan gadget khusus gaming dengan merek Republic of Gamers (ROG), termasuk ponsel ROG Phone series.

Baca juga: Asus ROG Phone 3 Versi Resmi Terblokir, IMEI Diduga Tak Terdaftar

Keputusan Qualcomm menggandeng Asus pun dinilai tepat, terlebih karena Asus telah berpengalaman merancang ponsel gaming, salah satunya ROG Phone 3 yang pada bulan lalu resmi hadir di Indonesia.

Berbekal pengalamannya, Asus dipercaya dalam mengurus proses perancangan sektor hardware, sementara Qualcomm bertugas merancang "desain industri" dan pemilihan chipset ponsel.

Belum diketahui pasti seperti apa wujud serta spesifikasi ponsel gaming ini, namun Qualcomm diduga bakal menyematkan chipset termutakhir, Snapdragon 875 pada ponsel gaming perdananya itu.

Jika dilihat dari tren ponsel gaming belakangan, ponsel gaming Qualcomm diprediksi mengusung layar dengan refresh rate tinggi, fitur air trigger untuk menambah tombol khusus, sistem pendingin multilayer, serta baterai kapasitas besar.

Baca juga: Membuka Kemasan Asus ROG Phone 3 Versi Indonesia, Apa Saja Isinya?

Terkait tanggal peluncuran, beberapa rumor menyebut bahwa ponsel gaming Qualcomm baru akan dirilis pada kuartal I-2021.

Rumor tersebut terbilang masuk akal, mengingat Qualcomm umumnya meluncurkan chipset terbarunya di akhir kuartal IV atau awal kuartal I setiap tahunnya.

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (8/10/2020), Qualcomm dan Asus dikabarkan bakal memproduksi sekitar 1 juta unit ponsel gaming setiap tahunnya.

Adapun sebagian dari unit ponsel tersebut akan menggunakan merek Qualcomm, sementara 500.000 unit lainnya berada di bawah merek Asus ROG Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com