Mengapa Telkomsel, XL, dan Smartfren Bikin Operator Digital Baru?

Kompas.com - 09/10/2020, 13:11 WIB
Layar awal aplikasi operator digital Switch KOMPAS/BIll ClintenLayar awal aplikasi operator digital Switch

KOMPAS.com, JAKARTA -  Sejak tahun lalu, satu per satu operator seluler di Indonesia merilis produk layanan operator digital baru.

Secara sederhana, operator digital ini adalah layanan kartu prabayar yang berbasis aplikasi. Pembeda utamanya dengan layanan prabayar konvensional adalah segala aktivitasnya bisa dilakukan secara digital lewat aplikasi atau situs resmi.

Pengguna secara leluasa dapat mengatur penggunaan paket data miliknya sendiri, dan beberapa menawarkan opsi memilih nomor telepon sendiri, sesuai dengan keinginan pengguna.

Baca juga: Fenomena Baru Operator Digital di Indonesia

Beberapa operator di antaranya Telkomsel yang meluncurkan by.U, Smartfren dengan operator digital Switch, dan XL yang baru saja meluncurkan operator digitalnya bernama Live.on.

Lantas, untuk apa para operator berlomba meluncurkan operator digital berbasis aplikasi ini?

Memikat pelanggan baru

Vice President by.U, Trio Lumbantoruan menuturkan kehadiran operator digital disesuaikan dengan kebutuhan zaman sekarang, yang sangat bergantung dengan internet. Layanan berbasis aplikasi cocok untuk karakter anak muda saat ini yang digital savvy.

"by.U dibuat untuk diversifikasi produk kami dan pengembangan fitur yang telah disesuaikan untuk kebutuhan konsumen saat ini," jelas Trio kepada KompasTekno, Kamis (8/10/2020).

Di sisi lain, menurut Trio, layanan yang personalized saat ini lebih digandrungi oleh pelanggan generasi Y dan Z. Karena itu para operator digital mengedepankan fitur dan pilihan kuota yang bisa di "mix & match" lewat satu aplikasi di gadget mereka.

Baca juga: Telkomsel By.U Luncurkan Paket Roaming Internet Rasa Lokal

Sehingga para pengguna bisa mengaturnya secara leluasa hanya dalam satu aplikasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X