Gmail Go Kini Bisa Dipakai di Semua Android

Kompas.com - 09/10/2020, 14:02 WIB
Fitur Chat, Rooms, dan Meet di aplikasi Gmail. GoogleFitur Chat, Rooms, dan Meet di aplikasi Gmail.

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Gmail Go secara terbatas pada 2018, Google kini menghadirkan layanan Gmail versi ringan itu untuk semua pengguna ponsel Android.

Sebelumnya, Gmail Go tersedia untuk smartphone Android yang spesifikasinya "pas-pasan". Namun kini siapa pun bisa mengunduh Gmail Go dari Google Play Store lewat tautan berikut ini.

Deskripsi yang dicantumkan di halaman Play Store antara Gmail reguler dan Gmail Go juga hampir sama, namun di versi Go, Google menulis "Gmail yang Anda cintai, kini lebih ringat dan sama kencangnya."

Sebelumnya, Gmail Go pertama kali dirilis Google pada awal 2018 lalu. Aplikasi ini menggenapi aplikasi versi ringan dari Google lainnya, yakni YouTube Go, Assistant Go, dan Gboard Go.

Baca juga: Aplikasi Kamera di Android Go Kedatangan Fitur Night Mode

Embel-embel “Go” yang tercantum pada nama aplikasi adalah penanda bahwa aplikasi-apliaksi ini dibuat dengan versi yang lebih ramah memori dan data internet, Gmail Go juga diklaim bebas spam.

Versi ini sangat menguntungkan untuk digunakan para pengguna smartphone yang menggunakan ponsel kelas bawah dengan kapasitas RAM kecil.

Tampilan Gmail Go9to5google Tampilan Gmail Go
Pengguna akan tetap mendapatkan fasilitas dan layanan yang mirip dengan Gmail versi standar dengan kapasitas yang lebih ramah memori.

Perbedaannya, Gmail Go akan menghilangkan beberapa elemen visual yang biasanya ada di aplikasi Gmail standar.

Penampilan aplikasi pun juga diklaim sedikit "lebih bersih" dan mengurangi penggunaan UI.

Pada tampilan Gmail Go, pengguna akan tetap menemukan tombol "Compose" berwarna merah di bagian bawah.

Baca juga: Amplop Ikonik Gmail Hilang, Ini Tampilan Logo Baru Layanan Google

Gmail Go juga menggunakan garis luar putih pada kolom pencariannya.

Pengguna juga bisa menggeser ke kiri atau ke kanan pada Gmail Go untuk mendapatkan layanan lainnya.

Sebaliknya, Gmail Go tidak menyediakan tombol " Meet" (untuk video call dengan Google Meet), di bagian bawah layar, yang biasanya hadir di versi standar.

Pasalnya, Google Meet masih belum terintegrasi dengan Gmail Go, dirangkum Kompastekno dari 9to5google, Jumat (9/10/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X