Fitur Baru WhatsApp Permudah Cari File Kiriman Teman, Begini Caranya

Kompas.com - 09/10/2020, 17:10 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan WhatsApp resmi merilis fitur baru yang memungkinkan penggunanya dapat mencari file secara spesifik.

Fitur pencarian yang lebih canggih ini digelontorkan untuk mempermudah pengguna ketika ingin menelusuri file berupa foto, video, audio, dokumen, link, atau stiker GIF yang pernah dikirim melalui aplikasi perpesanan tersebut.

"Kami telah mempermudah Anda untuk menelusuri kategori file yang ingin dicari seperti misalnya foto, GIF, tautan, video, dokumen, hingga audio di aplikasi WhatsApp," tulis WhatsApp di akun Twitter-nya.

Pilihan jenis file itu kini akan disediakan saat pengguna mengakses fitur pencarian di WhatsApp. Selain memilih jenis file, pengguna juga bisa mencari lebih spesifik dari siapa file itu dikirim, dengan mengetik nama kontak di samping jenis file.

Baca juga: Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Cegah Akun WhatsApp Dibajak

"Sekarang Anda dapat mencari kontak tertentu, lalu memilih jenis media, dan menambahkan kata kunci untuk melihat obrolan dan pesan sebelumnya dengan lebih efektif," kata WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, fitur ini sudah hadir di WhatsApp Android versi 2.20.200.22. Nah, bagaimana menggunakan fitur pencarian yang dipercanggih ini? Berikut caranya.

1. Untuk bisa menggunakan fitur pencarian yang lebih canggih ini, update terlebih dahulu aplikasi WhatsApp dari Play Store.

Setelah itu, buka menu pencariaon dengan ikon kaca pembesar di bagian kanan atas tampilan utama WhatsApp.

Cara mencari file pada aplikasi WhatsAppKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mencari file pada aplikasi WhatsApp

2. Setelah itu, WhatsApp akan menampilkan kategori file apa yang akan dicari misalnya foto, video, audio, tautan, GIF, hingga dokumen.

Cara mencari file pada aplikasi WhatsAppKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mencari file pada aplikasi WhatsApp

3. Kemudian, pilih salah satu jenis file yang ingin dicari berdasarkan kata kunci yang diminta.

Seperti di bawah ini, KompasTekno mencoba untuk mencari jenis file foto dengan keyword "Digital".

Cara mencari file pada aplikasi WhatsAppKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mencari file pada aplikasi WhatsApp

4. Begini hasil pencarian riwayat file foto dengan kata kunci "Digital" tersebut.

Cara mencari file pada aplikasi WhatsAppKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mencari file pada aplikasi WhatsApp

 

Sebelumnya, fitur ini sudah lebih dulu hadir pada aplikasi WhatsApp berbasis iOS. Namun kini, fitur pencarian file sudah mulai disebar ke seluruh pengguna Android yang menggunakan WhatsApp versi terbaru.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis

Selamat mencoba!

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X