Samsung Ungkap Spesifikasi Galaxy A42, Ponsel 5G Termurah

Kompas.com - 09/10/2020, 18:16 WIB
Galaxy A42 5G. SamsungGalaxy A42 5G.

KOMPAS.com - Samsung seakan menyicil informasi tentang Galaxy A42, ponsel 5G murahnya, sedikit demi sedikit.

Setelah memamerkan wujud dan harga Galaxy A42 5G, kini akhirnya Samsung mengungkap spesifikasi lengkap Galaxy A42 5G dalam bentuk infografis, yang tersebar di internet.

Dari info grafis tersebut, diketahui Galaxy A42 5G memiliki dimensi bodi 75,9 x 164,4 x 8,6 mm dengan bobot 190 gram. Layarnya berjenis Super AMOLED dengan bentang 6,6 inci dan resolusi HD Plus.

Seperti kebanyakan model Galaxy A, layar Galaxy A42 juga mengusung desain Ininity U atau poni kecil berbentuk huruf "U". Poni tersebut adalah rumah kamera depan beresolusi 20 MP (f/2.2) untuk mendukung selfie atau video call.

Baca juga: Samsung Umumkan Harga Galaxy M51 di Indonesia

Sensor pemindai sidik jari juga ditanamkan di dalam layar, atau diistilahkan dengan on screen fingerprint.

Sementara bagian punggung ponsel memiliki motif khas yang menimbulkan efek gradasi warna. Warna terang ada di sisi bawah dan semakin menggelap ke sisi atas. Ada tiga warna yang tersedia, yakni Prism Dot Black, Prism Dot White, dan Prism Dot Gray.

Punggung ponsel juga mengusung modul kamera dengan empat lensa, serta sebuah LED flash. Empat kamera belakang itu terdiri atas kamera utama 48 MP (f/1.8), ultra wide 8MP (f/2.2), depth 5MP (f/2.4), dan makro 5MP (f/2.4).

Soal dapur pacu, Samsung Galaxy A42 ditenagai chip octa-core yang terdiri dari dual 2,2 GHz dan Hexa 1,8GHz.

Tidak disebutkan jenis chipset apa yang ditanamkan. Namun dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (9/10/2020), dari spesifikasi dan kecepatannya, chip yang diusung kemungkinan adalah Snapdragon 750G.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy M51, Punya Baterai Jumbo 7.000 mAh

Chip tersebut dipadankan dengan tiga opsi RAM, yakni 4 GB, 6 GB, dan 8 GB serta satu pilihan memori internal 128 GB, yang bisa diperluas hingga 1TB menggunakan microSD. Ponsel ini dibekali baterai sebesar 5.000 mAh dengan pengisi daya 15 watt.

Beberapa waktu lalu, situs Samsung Newsroom berbahasa Jerman mengungkap banderol harga Galaxy A42 5G dengan harga mulai dari 369 euro atau sekitar Rp 6,4 juta.

Dengan harga tersebut, Galaxy A42 5G digadang-gadang sebagai ponsel 5G termurah yang akan dirilis oleh Samsung.

Galaxy A42 5G rencananya bakal dijual mulai awal November mendatang di Jerman. Belum diketahui apakah ponsel 5G ini menyambangi negara lainnya, termasuk Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X