Chrome Bisa Peringatkan Pengguna Kalau Password Dicuri

Kompas.com - 12/10/2020, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Kata sandi alias password menjadi garis pertahanan keamanan pertama untuk mengamankan akun di dunia maya. Apabila kata sandi berhasil dibobol, maka data pengguna bisa dicuri dan dimanfaatkan untuk kejahatan digital.

Untuk meminimalisasi kemungkinan tersebut, peramban Google Chrome untuk iOS dan Android kini akan memberitahukan pengguna apabila password yang disimpannya ada yang dicuri lewat kejadian kebocoran data.

Baca juga: Cara Membuat Latar Belakang Jadi Buram di Google Meet Versi PC

Chrome juga bakal langsung memberikan solusinya dengan mengalihkan pengguna ke laman layanan terkait untuk mengubah password.

Bagaimana Chrome bisa tahu kalau ada kata kunci pengguna yang bocor? Peramban ini mengirim data username dan password pengguna ke Google, untuk dicek apakah ada di daftar informasi yang diketahui telah bocor di internet.

"Namun Google tidak bisa melihat nama pengguna dan kata kunci Anda dari data yang terenkripsi ini," tulis Google dalam sebuah posting di blog soal sekuriti miliknya.

Selain itu, Google juga akan memboyong fitur keamanan Safety Check untuk peramban Chrome versi mobile. Dengan tool tersebut, pengguna nantinya bisa mengecek secara manual apabila ada password yang bocor.

Baca juga: Amplop Ikonik Gmail Hilang, Ini Tampilan Logo Baru Layanan Google

Chrome juga akan mengingatkan pengguna apakah Safe Browsing sudah diaktifkan dan apakah pembaruan sekuriti termutakhir sudah terpasang di peramban atau belum, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (11/10/2020).

Khusus untuk Android, Google juga akan memboyong Enhanced Safe Browsing untuk menambah perlindungan terhadap phising, malware, dan situs berbahaya melalui sharing data secara real-time dengan layanan Safe Browsing.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.