Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Mesin CEIR Sudah Lega, Vendor Ponsel Bisa Input IMEI Lagi

Kompas.com - 12/10/2020, 13:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengkaim mesin Central Equipment Identity Register (CEIR) sudah kembali beroperasi normal.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo, Ismail mengatakan bahwa mesin CEIR sudah bisa menampung data IMEI baru, baik untuk ponsel yang sedang diproduksi maupun yang diimpor.

Secara implisit, Ismail mengatakan tidak ada penambahan kapasitas penyimpanan data untuk mesin CEIR, sebab kapasitas yang dipakai saat ini dianggap masih mencukupi.

"Kapasitas yang ada masih sanggup menampung, dan input IMEI akan jalan terus," kata Ismail kepada KompasTekno melalui pesan singkat, Senin (12/10/2020).

Baca juga: Kapasitas Mesin Blokir Ponsel BM Hampir Penuh, Input Nomor IMEI Tersendat

Kabar itu pun diamini oleh Ketua Bidang Hubungan Pemerintahan Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) Syaiful Hayat.

"Iya menurut informasi dari Kemenperin juga bahwa data IMEI dari TPP tanggal 23 September sampai dengan 10 Oktober sudah di-upload ke CEIR", terang Syaiful.

Sebelumnya dikabarkan bahwa kapasitas penyimpanan data IMEI milik mesin CEIR hampir penuh. Mesin itu diklaim sanggpung menampung 1,2 miliar data nomor IMEI, namun sudah terisi 95 persen.

Walhasil, nomor IMEI ponsel yang sedang diproduksi vendor, dan yang diimpor ke Indonesia susah untuk diinput ke database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Syaiful sebelumnya mengatakan sejak tanggal 23 September, data nomor IMEI baru dari pabrikan ponsel tidak bisa diunggah Kemenperin.

"Sudah mulai handphone baru di outlet resmi kami juga tidak bisa mendapatkan sinyal," kata Syaiful dihubungi KompasTekno, Kamis (2/10/2020).

Baca juga: Asus ROG Phone 3 Versi Resmi Terblokir, IMEI Diduga Tak Terdaftar

Pengguna Asus ROG Phone 3 yang masuk secara resmi ke Indonesia juga kena getah. Sebagaian pengguna ROG Phone 3, tidak bisa mendapat sinyal apabila menempatkan kartu di slot kedua (SIM 2).

Muhammadi Firman, Head of PR Asus Indonesia mengatakan bahwa kendala itu diduga terjadi karena database CEIR penuh sesak. Nomor IMEI slot kartu SIM 2 hanya terdaftar di database Kemenperin dan belum terdaftar di mesin CEIR.

Tidak hanya vendor asing. Vendor ponsel lokal juga terpukul akibat kendala ini. Kepala Perizinan Evercoss, Fendy Mardyanto mengatakan perusahaannya harus menangguhkan produksi sementara IMEI perangkat baru belum bisa terdaftar.

"Kita terpaksa menahan produksi karena IMEI yang baru tidak bisa didaftar," kata Fendy ketika dihubungi, Senin (12/10/2020).

Fendy mengatakan pihaknya telah berkomunikasi secara intens dengan Kemeperin dan Kominfo terkait masalah ini. Bukan hanya Evercoss. Vendor lokal lain, yakni Mito juga mengalami masalah serupa.

Baca juga: Kominfo Pastikan Blokir Ponsel BM Tetap Berjalan Meski Input IMEI Terkendala

Halaman:



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com