EVOS Jadi Tim E-sports Paling Populer di Asia Tenggara

Kompas.com - 12/10/2020, 15:33 WIB
Ilustrasi logo EVOS Esports EVOS EsportsIlustrasi logo EVOS Esports

KOMPAS.com - Popularitas tim e-sports asal Indonesia, EVOS, rupanya tak hanya diakui di Tanah Air. Tim ini dikenal hingga mancanegara.

Berdasarkan data dari Esports Charts, EVOS resmi dinobatkan sebagai tim e-sports paling populer di Asia Tenggara. Esports Charts menggunakan jumlah pengikut (followers) akun resmi media sosial masing-masing tim sebagai tolok ukur. 

Tingginya reputasi tim EVOS senantiasa dipengaruhi oleh besarnya jumlah penggemar yang tersebar di wilayah Indonesia dan Thailand.

EVOS dilaporkan memiliki 6,4 juta pengikut di berbagai platform media sosial, seperti TikTok, Twitter, YouTube, Instagram, dan Facebook.

Popularitas EVOS beberapa tahun belakangan memang melejit seiring dengan prestasi yang diperoleh.

Baca juga: Tim E-sports Indonesia Juarai Turnamen PUBG Mobile Se-Asia

Bahkan dalam waktu dekat, tim EVOS ESports akan bertanding di turnamen Free Fire berskala internasional setelah menjuarai kompetisi Free Fire Indonesian Masters (FFIM) 2020 Fall.

Tidak hanya EVOS, dua tim e-sports asal Indonesia yakni Aura dan RRQ juga menjadi tim dengan popularitas yang tinggi.

Dengan selisih angka sekitar 600.000 followers, tim e-sports Aura menempati peringkat kedua dengan total 5,8 juta followers.

Selain memiliki jumlah pengikut kedua terbanyak di Instagram, tim e-sports yang satu ini juga turut melebarkan sayapnya di jejaring media sosial TikTok.

Grafik jumlah followers 10 tim e-sports paling populer di kawasan Asia TenggaraEsports Charts Grafik jumlah followers 10 tim e-sports paling populer di kawasan Asia Tenggara
RRQ memiliki total followers mencapai 4,1 juta. Rendahnya angka tersebut diduga disebabkan karena tim e-sports ini tidak ikut merambah ke Twitter dan TikTok, berbeda dengan EVOS serta Aura.

Posisi keempat juga diisi oleh tim e-sport asal Indonesia, yakni Bigetron dengan 2,3 juta followers.

Baca juga: Atlet E-sports Profesional Bisa Kantongi Gaji Puluhan Juta Rupiah

Dihimpun KompasTekno dari Esports Charts, Senin (12/10/2020) di belakang Bigetron ada tim e-sport asal Vietnam, Heavy, dan ONIC Esport di posisi keenam.

Di kawasan Asia Tenggara, industri e-sports sendiri kini semakin diminati. Sebagai contoh, rangkaian turnamen E-sports Indonesia Games Championship 2020 yang tahun ini digelar secara online berhasil menyedot lebih dari 10 juta penonton dan 1,5 juta jam waktu tonton.

Secara tidak langsung, hal tersebut turut mendongkrak popularitas tim e-sports seperti EVOS yang dikenal telah melahirkan banyak pro player terbaik seperti Oura dan Jess No Limit.

Baca juga: Cara Pakai Discord di Smartphone dan PC untuk Main Game dengan Teman




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X