Huawei Umumkan Tanggal Peluncuran Ponsel Mate 40

Kompas.com - 12/10/2020, 16:03 WIB
Modul bundar berisi empat kamera di punggung Mate 30. Di sisi kirinya bertengger unit LED flash
KOMPAS.com/ OIK YUSUFModul bundar berisi empat kamera di punggung Mate 30. Di sisi kirinya bertengger unit LED flash
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Huawei sedang bersiap meluncurkan ponsel flagship terbarunya, Mate 40. Belakangan, lewat akun Twitter resminya, Huawei mengumumkan tanggal kehadiran perangkat tersebut, yakni pada 22 Oktober mendatang.

"Tenaga yang belum pernah ada sebelumnya akan datang. Jangan lewatkan pengumumannya pada 22.10.20," kicau akun Twitter @HuaweiMobile, disertai gambar dedaunan yang menguning di musim gugur, dalam frame berbentuk lingkaran.

Mate 40 diprediksi bakal ditenagai chip Kirin yang dibuat dengan proses fabrikasi 5 nm. System-on-Chip ini kemungkinan bakal menjadi salah satu poin yang diunggulkan, sesuai slogan "power" yang digaungkan Huawei.

Namun, kemungkinan besar chip Kirin di ponsel Mate 40 juga bakal menjadi SoC Kirin kelas high-end terakhir, yang hadir di ponsel Huawei, gara-gara tekanan dari pemerintah AS.

Baca juga: Tekanan Pemerintah AS Bikin Huawei Setop Produksi Chipset Kirin

Peraturan ekspor negeri itu menyebutkan bahwa pabrikan semikonduktor asing yang menggunakan teknologi dan software asal AS, dilarang memasok komponen ke Huawei kecuali diizinkan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Pabrikan semikonduktor seperti Taiwan Semicondictor Manufacturing Co. (TSMC) yang biasa menangani produksi chip Kirin pun jadi tak bisa bermitra dengan Huawei.

Pada awal Agustus lalu, CEO Huawei Richard Yu juga telah menyatakan bahwa ponsel flagship Huawei tahun ini bakal menjadi generasi terakhir yang dibekali dengan chip Kirin high-end.

Mate 40 sendiri diduga akan kembali meneruskan pendahulunya, Mate 30, dengan mengusung empat kamera belakang. Salah satunya diduga berjenis "freeform lens" untuk meningkatkan kulitas tangkapan gambar wide angle.

Baca juga: Huawei Klaim Kamera Mate 30 Pro Bisa Dipakai Bikin Film Pendek

Di bagian depan, Mate 40 disinyalir akan dibekali punch hole dengan dua kamera atau sensor, sementara layarnya mungkin akan kembali sangat melengkung di sisi kanan dan kiri seperti Mate 30.

Seperti sebelumnya pula, Huawei diperkirakan bakal meluncurkan dua versi perangkat, yakni Mate 40 "reguler" dengan layar 6,5 inci dan Mate 40 Pro dengan layar 6,7 inci, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (12/10/2020).

Selain segelintir informasi di atas, masih belum banyak yang diketahui mengenai desain dan spesikasi Mate 40. Keterangan selengkapnya mungkin baru bakal diungkap pada 22 Oktober mendatang.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X