Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Zoom Error di Jaringan IndiHome, Telkom Investigasi

Kompas.com - 13/10/2020, 12:51 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna IndiHome mengeluhkan tidak bisa mengakses layanan konferensi video, Zoom pada Selasa (13/10/2020) pagi sekitar pukul 11.00 WIB.

Telkom pun selaku penyedia layanan internet IndiHome, mengaku telah mengetahui masalah ini dan sedang melakukan pengecekan. Telkom sendiri mencatat gangguan terjadi mulai pukul 10.43 WIB.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan saat ini Telkom tengah mengonfirmasi gangguan massal tersebut dengan pihak penyedia layanan Zoom.

Baca juga: Pelanggan IndiHome Mengeluh Tak Bisa Pakai Zoom Pagi Ini

"Dapat kami sampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan pengecekan dan investigasi ke content provider tersebut, karena gangguan yang terjadi spesifik hanya ke layanan yang dimaksud," kata Arif melalui pesan singkat yang diterima KompasTekno, Selasa (13/10/2020).

Pantauan KompasTekno, layanan Zoom sudah berangsur normal saat diakses menggunakan jaringan IndiHome pada pukul 12.00 WIB, baik di platform PC (desktop/laptop) maupun aplikasi mobile (iOS/Android).

Arif juga menjelaskan bahwa layanan internet IndiHome di kanal domestik atau internasional lainnya masih berjalan seperti biasa, alias normal.

Baca juga: Zoom Versi PC Punya Filter Wajah Lucu, Begini Cara Pakainya

"Dalam hal ini, IndiHome hanya menyalurkan akses ke layanan video conference milik content provider eksternal. Adapun kualitas konektivitas layanan sangat bergantung pada konfigurasi dari pihak mitra content provider," tutur Arif.

Sementara itu, akses IndiHome di jaringan domestik serta konten internasional lainnya tetap berjalan normal," lanjutnya.

Dari pantauan KompasTekno dari media sosial Twitter, beberapa pengguna mengaku layanan Zoom sudah kembali normal. Namun, sebagian lain masih mengalami gangguan. Kemungkinan pemulihan akan dilakukan bertahap.

Baca juga: Telkom Pastikan Jaringan IndiHome Tidak Terganggu Kabel Laut yang Putus

"Eh..udah bisa nih akses @zoom_us dari network @IndiHome. Kenapa gak dari tadi sih? Bikin jengkel aja," tulis akun @imamaziz.

 

"Pantesannn aku tadi mo pake zoom, connecting muluuuuu jadi telat kelas Wajah menangis kencangWajah menangis kencangWajah menangis kencangWajah menangis kencangWajah menangis kencang," tulis akun @y0urivi.

 

"@IndiHome kenapa ya saya tidak bisa join zoom? Sedangkan untuk aplikasi lain koneksi lancar. Perkuliahan saya jadi terkendala karena hal ini," tulis akun @anggijn.

Lebih lanjut, Arif mengatakan pihaknya meminta maaf kepada pelanggan IndiHome atas gangguan yang dialami.

"Telkom senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan," pungkas Arif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com