Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri OnePlus Carl Pei Mengundurkan Diri

Kompas.com - 13/10/2020, 15:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu pendiri OnePlus, Carl Pei dikabarkan telah mengundurkan diri dari perusahaan smartphone besutannya. Bersama Pete Lau, pria berumur 31 tahun ini mendirikan OnePlus pada 2013 lalu.

OnePlus sendiri dikenal sebagai vendor smartphone yang populer di sebagian negara, salah satunya di India. OnePlus juga pernah merilis sejumlah ponsel di pasar Indonesia, sebelum terganjal aturan TKDN.

Pada awal kelahirannya, OnePlus disebut-sebut sebagai flagship killer karena membuat ponsel spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Varian terbaru OnePlus yang bakal dirilis ke pasar adalah OnePlus 8T dan OnePlus Nord pada Oktober ini.

Baca juga: CEO OnePlus Bicara Peluang OnePlus 3 Dijual di Indonesia

Kabar pengunduran diri Pei pertama kali diungkap seorang pengguna Reddit bernama JonSigur. Melalui postingannya, JonSigur mengunggah sebuah gambar yang diduga merupakan bocoran dari dokumen internal OnePlus.

Dokumen tersebut memperlihatkan struktur kepemimpinan perusahaan beserta sejumlah nama-nama petinggi di OnePlus. Kendati demikian, dokumen tersebut tidak memuat nama Carl Pei lagi.

Alhasil muncul dugaan bahwa Pei memang benar-benar telah meninggalkan One Plus. Lebih lanjut, dokumen yang bocor itu turut menyatakan bahwa Emily Dai akan menggantikan posisi Pei sebagai pemimpin dari lini produk OnePlus Nord.

Pei sendiri dikenal sebagai salah satu sosok yang paling berjasa dalam proses pengembangan ponsel OnePlus pada beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah OnePlus Nord, ponsel kelas menengah yang baru saja diluncurkan pada Juli 2020 lalu.

Baca juga: OnePlus Hengkang dari Indonesia, Apa Kata Kemenperin?

Masih belum diketahui secara pasti alasan mengapa Pei memutuskan untuk hengkang dari jabatannya di OnePlus.

Beberapa rumor menyebut bahwa Pei diduga tengah mempersiapkan usahanya sendiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (13/10/2020).

Hingga saat ini pihak One Plus sendiri masih belum memberikan pernyataan resmi terkait dugaan kepergian Pei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com