Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Oppo Reno 4 F dengan Reno 4 dan Reno 4 Pro

Kompas.com - 13/10/2020, 18:14 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi merilis smartphone Reno4 F di pasar Indonesia, lewat acara peluncuran yang digelar secara online pada Senin, (13/10/2020) kemarin.

Hadirnya smartphone ini melengkapi lini Reno4 dan Reno4 Pro yang lebih dulu meluncur. Reno4 telah terlebih dahulu menyambangi Tanah Air pada Juni 2020, disusul Reno4 Pro pada awal September lalu.

Ketiganya ditujukan untuk mengisi segmen pasar yang berbeda-beda. Baik Reno4 F dan Reno4 reguler tergolong sebagai smartphone kelas menengah. Keduanya menawarkan banderol harga yang terjangkau, masing-masing Rp 4,3 juta dan Rp 5 juta.

Baca juga: Memotret dengan Kamera Ponsel Oppo Reno 4, Sebagus Apa Hasilnya?

Harga tersebut terlampau jauh jika dibandingkan dengan Reno4 Pro yang dijual dengan harga Rp 8 juta. Lantas apa saja perbedaan di antara ketiganya?

Kamera

Perbedaan utama yang paling mencolok terletak dari sektor kamera. Reno4 dan Reno4 Pro memiliki konfigurasi kamera punggung yang identik. Keduanya dilengkapi dengan empat kamera belakang yang disusun secara vertikal.

Adapun kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera 8 MP ultra-wide, kamera 2 MP makro, dan kamera 2 MP mono.

Sementara itu, Reno4 F hadir dengan kamera belakang yang disusun pada modul berbentuk persegi.

Modul tersebut menampung empat kamera yang mencakup kamera utama (wide) 48 MP, kamera ultra-wide angle 8 MP, kamera 2 MP mono, dan kamera 2 MP depth sensor.

Kotak penjualan dan tampilan depan Oppo Reno4 F. Ponsel ini mengusung layar bezel-less bermateri Super AMOLED dengan diagonal 6,43 inci dan resolusi Full HD Plus (rasio layar 20:9). 

Bagian atas kirinya terdapat lubang mini dual punch hole yang memuat dua kamera, terdiri dari kamera utama 16 MP (f/2.4) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Disebut mini karena diameter lubang ini ukurannya disebut hanya 3,7 mm. KOMPAS.com/Bill Clinten Kotak penjualan dan tampilan depan Oppo Reno4 F. Ponsel ini mengusung layar bezel-less bermateri Super AMOLED dengan diagonal 6,43 inci dan resolusi Full HD Plus (rasio layar 20:9). Bagian atas kirinya terdapat lubang mini dual punch hole yang memuat dua kamera, terdiri dari kamera utama 16 MP (f/2.4) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Disebut mini karena diameter lubang ini ukurannya disebut hanya 3,7 mm.
Baik Reno4 dan Reno4 Pro memiliki satu kamera makro, sedangkan Reno4 F mengganti opsi kamera tersebut dengan lensa depth sensor.

Beralih pada kamera depan, Reno4 dan Reno4 Pro sama-sama dibekali dengan kamera selfie tunggal beresolusi 32 MP.

Alih-alih serupa, Reno4 F meluncur dengan kamera selfie ganda 16 MP (f/2.4) dan 2 MP (f/2.4). Oppo rupanya turut menghilangkan fitur AON Smart sensor pada Reno4 F.

Meski memiliki resolusi kamera selfie yang lebih kecil, namun Reno4 F hadir dengan fitur fotografi baru, yakni AI Super Clear Portrait. Dengan fitur ini, Reno4 F diklaim dapat meningkatkan detail gambar, terutama foto portrait.

Desain

Oppo Reno4 F digadang-gadang memiliki bodi yang paling tipis dibanding kedua seri Reno4 sebelumnya. Dengan ketebalan mencapai 7,48 mm dan bobot 184 gram, Reno4 F terbilang lebih langsing dibanding Reno4 dan Reno4 Pro, di angka 7,7 mm.

Baca juga: ColorOS 11 Sudah Bisa Diunduh di Ponsel Oppo, Ini Fitur-fiturnya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com