Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Groups Tutup Selamanya 15 Desember

Kompas.com - 14/10/2020, 16:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Forum online legendaris Yahoo Group akan ditutup 15 Desember 2020.
Setelah tanggal tersebut, laman groups.yahoo.com tidak akan lagi bisa diakses selamanya.

Operator seluler Verizon yang membeli Yahoo pada 2017 lalu mengumumkan kabar ini melalui e-mail ke semua pengguna Yahoo Group. Pengumuman yang sama juga terpampang di situs Yahoo Groups.

"We’re shutting down the Yahoo Groups website on December 15, 2020 and members will no longer be able to send or receive emails from Yahoo Groups. You can find more information about the Yahoo Groups shutdown and alternative service options on this help page."

Diluncurkan pada 2001, pamor Yahoo Groups kian menurun seiring hadirnya forum online baru, seperti Reddit, Google Groups, dan Facebook Groups.

Baca juga: Yahoo Groups Tutup Akhir Oktober, Semua Postingan Akan Dihapus

Pengumuman penutupan layanan Yahoo Groups.Yahoo Pengumuman penutupan layanan Yahoo Groups.
Di sisi lain, Verizon juga tidak punya niat untuk menghidupkan Yahoo Groups setelah mengakuisisi Yahoo. Sebab, jumlah pengguna platform forum ini konsisten menurun.

Upaya penghentian layanan Yahoo Groups telah dimulai Verizon sejak Oktober 2019 lalu. Kala itu, Verizon mengumumkan pengguna Yahoo Groups tidak bisa membuat konten baru (diskusi) setelah 21 Oktober 2019.

Kemudian, semua konten terakhir pengguna akan dihapus secara permanen pada 14 Desember 2019.

Dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Rabu (14/10/2020), Verizon juga menangguhkan e-mail pengguna yang mengarsipkan konten lama yang akan dihapus secara permanen.

Kendati demikian, pengguna masih bisa membuat grup baru dan mengirim e-mail ke banyak pengguna sekali waktu, untuk membuat percakapan. Dengan cara ini, Verizon bisa mengarahkan pengguna untuk memakai layanan mailing list.

Baca juga: Yahoo Umumkan Logo dan Aplikasi E-mail Baru

Sejak pengumuman penutupan ditampilkan, Verizon mengatakan pengguna Yahoo Groups tidak bisa membuat grup baru lagi. Hanya layanan e-mail saja yang masih berfungsi. Namun setelah 15 Desember 2020, semua layanan di Yahoo Groups tidak akan bisa diakses.

Bagi pengguna yang masih urung meninggalkan Yahoo Groups, Verizon meminta mereka untuk mengorganisasi pesan mereka dan memindahkan percakapan ke boards dan tempat pertemuan baru sebelum penutupan.

Lantas, apakah e-mail Yahoo yang umum digunakan terdampak? Dirangkum dari laman bantuan Yahoo, penutupan ini tidak berdampak pada akun Yahoo Mail.

"Tidak (terdampak), yang dinon-aktifkan hanya layanan Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan e-mail yang dikirim menggunakan Yahoo Groups. Yahoo Mail akan tetap berfungsi normal," tulis laman Yahoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com