Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Groups Ditutup 15 Desember, Bagaimana Nasib Pengguna E-mail Yahoo?

Kompas.com - 15/10/2020, 11:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Yahoo Help

KOMPAS.com - Verizon mengumumkan akan menutup selamanya forum online Yahoo Group mulai 15 Desember 2020 mendatang. Artinya, setelah tanggal tersebut, laman groups.yahoo.com tidak akan bisa diakses lagi.

Warganet pun merespons kabar ini. Banyak yang bertanya-tanya apakah penutupan Yahoo Groups akan berdampak pada akun e-mail Yahoo Mail mereka. "Apakah @yahoomail ditutup permanen?" tulis akun Twitter @dinesh17S merespons salah satu twit dari Yahoo Finance.

Baca juga: Yahoo Groups Tutup Selamanya 15 Desember

Warganet lain juga memastikan apakah Yahoo Mail ikut terdampak atau tidak. "Ini yang ditutup maksudnya fitur "Yahoo! Group" kan? "Yahoo! Mail" masih bisa kan?" tulis akun @penyejukbuatan.

Lantas, apakah Yahoo Mail akan ikut ditutup bersama dengan Yahoo Groups? Dirangkum KompasTekno dari laman bantuan Yahoo, Kamis (15/10/2020), penutupan ini tidak berdampak pada akun Yahoo Mail.

"Tidak (terdampak), yang dinon-aktifkan hanya layanan Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan e-mail yang dikirim menggunakan Yahoo Groups. Yahoo Mail akan tetap berfungsi normal," tulis laman Yahoo.

Dua layanan berbeda

Yahoo Mail dan Yahoo Groups adalah dua layanan yang berbeda. Yahoo Groups merupakan sebuah forum online atau dikenal pula dengan mailing list.

Lewat Yahoo Groups, pengguna bisa saling berkirim e-mail ke beberapa pengguna lain dengan cepat. Selain itu, mereka bisa berbagi foto, pesan, dan data.

Mereka juga bisa melakukan polling dan mencatat kejadian di kalender Groups. Fungsi Yahoo Groups ini mirip dengan laman grup di Facebook atau forum online Reddit.

Baca juga: Yahoo Mobile Kini Berubah Haluan Jadi Operator Seluler

Sementara, Yahoo Mail lebih mirip dengan Gmail, yakni penyedia layanan surat elektronik (webmail) dari Yahoo. Pengguna bisa berkirim e-email lewat Yahoo Mail atau membuat akun media sosial dengan akun Yahoo Mail.

Kalah bersaing dari forum lain

Kembali membahas penutupan Yahoo Groups, Verizon yang mengakuisisi Yahoo sejal 2017 lalu tidak berniat menghidupkan layanan ini. Sebab, jumlah penggunanya terus-menerus turun.

Baca juga: Mantan Bos Yahoo Bikin Startup, Masih Berhubungan dengan E-mail

Sejak diluncurkan tahun 2001, popularistas Yahoo Groups kalah dengan forum online lain seperti Reddit, Google Groups, dan Facebook Groups. Sejak pengumuman penutupan ditampilkan, Verizon mengatakan pengguna Yahoo Groups tidak bisa membuat grup baru lagi.

Hanya layanan e-mail saja yang masih berfungsi. Namun setelah 15 Desember 2020, semua layanan di Yahoo Groups tidak akan bisa diakses.

Bagi pengguna yang masih urung meninggalkan Yahoo Groups, Verizon meminta mereka untuk mengorganisasi pesan mereka serta memindahkan percakapan ke boards dan tempat pertemuan baru sebelum penutupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yahoo Help


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com