Posting Viral Kecepatan Internet, Ini 3 Aplikasi untuk Uji Kencang

Kompas.com - 15/10/2020, 14:11 WIB
Hingga Kamis (15/10/2020) siag, postingan Birk sudah mendapat 1.500-an lebih balasan dari pengguna Twitter di seluruh dunia. Twitter @BirkHingga Kamis (15/10/2020) siag, postingan Birk sudah mendapat 1.500-an lebih balasan dari pengguna Twitter di seluruh dunia.

KOMPAS.com - Warganet beramai-ramai mem-posting foto hasil uji kecepatan internet mereka di Twitter, sambil menyebut lokasi mereka ada di mana.

Tren itu berawal dari seorang pengguna bernama Birk Jernström dengan handle (@birk). Pada Selasa (13/10/2020), ia memamerkan kecepatan internet di sebuah pulau yang terpencil, seraya bertanya, "Mengapa Swedia punya banyak startup unicorn?"

Kecepatan internet di lokasi Birk tersebut adalah 680 Mbps, yang dari tampilannya, tampak diuji dengan situs web Fast.com.

Posting itu pun mendapat respons dari pengguna Twitter di seluruh dunia, mereka pun membalas posting Birk dengan hasil uji kecepatan internet di lokasi mereka merek tinggal, dan mayoritas menggunakan aplikasi pengujian yang sama.

Baca juga: Berapa Kecepatan Internet By.U, Switch Mobile, dan Live On?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada yang membalas dari Kenya dengan hasil kecepatan 21 Mbps, seharga 30 dollar AS sebulan, Filipina dengan kecepatan 600 Kbps, dan Kanada dengan 1,1 Gbps.

Banyak pula warganet asal Indonesia yang membalas posting tersebut, seperti pengguna Fajar Setiawan yang memamerkan kecepatan internet IndiHome 140 Kbps.

Ada pula pengguna Bani (AdnifAhbaf) yang membalas dengan kecepatan 8,9 Mbps di Jakarta dengan biaya langganan 23 dollar AS (sekitar Rp 300.000-an) sebulan.

Hingga Kamis (15/10/2020) siang, saat berita ini ditayangkan, posting tersebut telah mendapat 1.500-an balasan, lebih dari 12.000 retweet, dan lebih dari 32.000 Likes.

Kecepatan internet sebenarnya dpengaruhi oleh berbagai faktor. Internet yang bermasalah biasanya ditandai dengan koneksi lambat atau bahkan tidak bisa diakses.

Untuk mengetahui secara pasti, setidaknya ada tiga aplikasi yang telah KompasTekno rangkum untuk mengecek seberapa cepat koneksi internet yang digunakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X