Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Ungkap Penyebab Layanannya Tumbang Pagi Ini

Kompas.com - 16/10/2020, 10:42 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter dilaporkan tumbang (down) secara massal, Jumat (16/10/2020) pagi tadi. Para penggunanya mengeluhkan tidak bisa mengirim twit hingga tak bisa memuat lini masa (timeline) mereka.

Dalam sebuah posting, pihak Twitter mengatakan layanannya tumbang bukan karena serangan peretas atau hacker, melainkan kesalahan di sistem internal.

Baca juga: Twitter Dilaporkan Tumbang Pagi Ini

"Masalah tadi disebabkan oleh efek ketidaksengajaan dari pembaruan sistem internal Twitter yang kami terapkan," ujar pihak Twitter, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari akun @TwitterComms, Jumat (16/10/2020).

"Layanan Twitter seharusnya sudah bisa digunakan kembali oleh pengguna dalam beberapa jam ke depan," imbuh Twitter.

Twitter tidak merinci perubahan apa persisnya yang dimaksud, sampai-sampai membuat layanannya down serentak di sejumlah wilayah, mencakup Amerika Serikat, Eropa, Jepang, hingga Indonesia.

Situs downdetector.id memperlihatkan bahwa pengguna mulai banyak melaporkan kesulitan tidak bisa mengakses Twitter sekitar pukul 04.00 WIB. Ketika coba mengunggah kicauan, aplikasi Twitter di Android hanya menampilkan pesan error.

Baca juga: Samsung dan Xiaomi Sindir iPhone 12 di Twitter

Berdasarkan pantauan KompasTekno, layanan Twitter kini mulai berangsur pulih. KompasTekno sudah bisa mengirim twit seperti sediakala, begitu juga dengan beberapa pengguna Twitter lain di Indonesia yang dimintai keterangan.

Selain itu, deretan unggahan pengguna lain di linimasa Twitter juga sudah bisa dimuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com