Twitter Ungkap Penyebab Layanannya Tumbang Pagi Ini

Kompas.com - 16/10/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Twitter dilaporkan tumbang ( down) secara massal, Jumat (16/10/2020) pagi tadi. Para penggunanya mengeluhkan tidak bisa mengirim twit hingga tak bisa memuat lini masa (timeline) mereka.

Dalam sebuah posting, pihak Twitter mengatakan layanannya tumbang bukan karena serangan peretas atau hacker, melainkan kesalahan di sistem internal.

Baca juga: Twitter Dilaporkan Tumbang Pagi Ini

"Masalah tadi disebabkan oleh efek ketidaksengajaan dari pembaruan sistem internal Twitter yang kami terapkan," ujar pihak Twitter, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari akun @TwitterComms, Jumat (16/10/2020).

"Layanan Twitter seharusnya sudah bisa digunakan kembali oleh pengguna dalam beberapa jam ke depan," imbuh Twitter.

Twitter tidak merinci perubahan apa persisnya yang dimaksud, sampai-sampai membuat layanannya down serentak di sejumlah wilayah, mencakup Amerika Serikat, Eropa, Jepang, hingga Indonesia.

Situs downdetector.id memperlihatkan bahwa pengguna mulai banyak melaporkan kesulitan tidak bisa mengakses Twitter sekitar pukul 04.00 WIB. Ketika coba mengunggah kicauan, aplikasi Twitter di Android hanya menampilkan pesan error.

Baca juga: Samsung dan Xiaomi Sindir iPhone 12 di Twitter

Berdasarkan pantauan KompasTekno, layanan Twitter kini mulai berangsur pulih. KompasTekno sudah bisa mengirim twit seperti sediakala, begitu juga dengan beberapa pengguna Twitter lain di Indonesia yang dimintai keterangan.

Selain itu, deretan unggahan pengguna lain di linimasa Twitter juga sudah bisa dimuat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X