Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lupa Judul Lagu tetapi Ingat Nadanya? Google Hum Bisa Membantu

Kompas.com - 16/10/2020, 14:20 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google baru saja merilis fitur baru bernama "Hum to search". Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari lagu dengan cara bersenandung.

Fitur "Hum to search" diluncurkan Google untuk mempermudah pengguna ketika ingin mencari lagu hanya dengan menyanyikan potongan lirik.

Lewat fitur ini, pengguna merasa terbantu apabila mereka lupa dengan judul atau lagu yang sebelumnya telah didengarkan. Pengguna dapat menyanyikan lirik lagu tertentu selama 10 hingga 15 detik.

Nantinya, Google akan menampilkan hasil penelusuran lagu yang diminta. Hasil penelusuran mencakup sejumlah informasi, seperti judul lagu, cover album, nama penyanyi, lirik lagu, serta rincian lainnya yang serupa.

Baca juga: Pengguna Spotify Bisa Cari Lagu dengan Mengetik Lirik di Aplikasi

Selain di Google Search, fitur ini juga berfungsi di layanan Google Assistant. Caranya, pengguna cukup mengatakan "Hai Google, lagu apa ini?" atau "What is this song?", lalu menyanyikan potongan lirik lagu yang ingin dicari.

Menurut penjelasan Google, fitur "Hum to search" didukung teknologi machine learning yang mampu mendeteksi nada atau alunan lagu yang dinyanyikan oleh pengguna.

"Kami telah merancang model machine learning yang dapat menyesuaikan nada, melodi, atau suara nyanyian Anda dengan tepat," kata Google dalam blog resminya.

"Saat Anda menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu," lanjut Google.

Google juga mengatakan bahwa machine learning mampu mengidentifikasi lagu berdasarkan suara nyanyian manusia, siulan, serta rekaman audio.

Baca juga: Cara Bikin Receiptify, Daftar Lagu yang Menyerupai Setruk Belanja

Berikut cara menggunakan fitur "Hum to search" untuk mencari lagu lewat Google Search sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9To5Google, Jumat (16/10/2020).

Google Hum to Search9to5google.com Google Hum to Search

- Buka aplikasi Google Search.

- Di halaman utama, pilih ikon mikrofon yang berada di sisi kanan kolom search bar.

- Tekan tombol mikrofon, lalu ucapkan "What’s this song?".

- Setelah diucapkan, Anda bisa langsung menyanyikan potongan lirik lagu yang ingin dicari judulnya.

- Google akan menampilkan hasil pencarian lagu yang diminta.

Baca juga: Fitur Lirik Lagu Real-Time Spotify Hadir di Indonesia

Saat ini, fitur "Hum to search" sudah bisa digunakan oleh pengguna Android dengan lebih dari 20 bahasa yang tersedia.

Sementara untuk pengguna iOS, fitur baru ini masih terbatas dan hanya mampu mendeteksi lagu dalam bahasa Inggris. Ke depannya, Google berencana menambah berbagai macam bahasa lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com