Cara Bersih-bersih File di Windows 10 Agar Penyimpanan Lebih Lega

Kompas.com - 16/10/2020, 20:40 WIB
Ilustrasi komputer jinjing atau laptop ShutterstockIlustrasi komputer jinjing atau laptop

KOMPAS.com - Performa komputer (PC) atau laptop, akan menurun seiring berjalannya waktu. Apalagi jika terdapat banyak file atau dokumen tidak berguna di dalam memori penyimpanan.

Untuk menjaga performa laptop dan komputer agar tetap berjalan dengan baik, salah satu yang dianjurkan adalah rutin membersihkan disk atau penyimpanan dari file "sampah".

Nah, untuk menjaga dan membersihkan disk pada laptop, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Berikut ini adalah 5 cara untuk bersih-bersih disk di laptop dan PC dengan sistem operasi Windows 10.

Hapus sampah sementara dengan fitur Disk Cleanup

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan ruang penyimpanan komputer dari beragam file sampah dengan fitur "Disk Cleanup".

Cara membersihkan file sampah di komputer dengan sistem operasi Windows 10. makeusof Cara membersihkan file sampah di komputer dengan sistem operasi Windows 10.

Fitur tersebut bisa diakses dengan cara mengunjungi menu Start, kemudian mengetikkan kata kunci (keyword) "disk cleanup", dan lalu tekan Enter.

Baca juga: Cara untuk Meningkatkan Performa PC dan Laptop Windows 10

Di halaman selanjutnya, Anda akan melihat daftar file tidak perlu yang dapat dibersihkan Windows. Pilih penyimpanan mana yang ingin dibersihkan dan klik tombol "OK".

Lalu, pilih file apa saja yang ingin dibersihkan dengan memberikan tanda "centang" pada kotak yang tersedia. Setelah itu, klik "OK" dan "Delete Files".

Proses ini bisa dilakukan secara berkala untuk membuat ruang media penyimpanan lebih lega.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X