Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera "Lepas Pasang" Vivo Raih Penghargaan Red Dot Award 2020

Kompas.com - 19/10/2020, 12:46 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo terus berupaya untuk menelurkan inovasi dan pengembangan teknologi kamera ponsel. Salah satunya yang terbaru berupa konsep kamera yang bisa dilepas dan dipasng kembali ke bodi ponsel (detachable).

Konsep yang diberi nama Vivo Interest Free Explore Amazing (IFEA) Camera Mobilephone tersebut belakangan memenangkan penghargaan Red Dot Award: Design Concept 2020.

Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma menyambut baik apresiasi dari Red Dot yang disebutnya merupakan salah satu penghargaan global bergengsi dalam hal inovasi desain.

"Vivo IFEA Camera Mobilephone adalah manifestasi komitmen vivo dalam mendobrak batasan teknologi, serta meningkatkan pengalaman mobile pengguna melalui rangkaian teknologi revolusioner," kata Edy, dalam keterangan tertulis kepada KompasTekno, Senin (19/19/2020).

IFEA Camera Mobilephone sendiri merupakan modul kamera depan yang disembunyikan di dalam bodi ponsel ketika sedang tidak dipakai, dan akan muncul saat akan digunakan (pop-up).

Sertifikat penghargaan internasional Red Dot Award: Design Concept 2020.Vivo Sertifikat penghargaan internasional Red Dot Award: Design Concept 2020.
Bedanya dari kamera pop-up konvensional, IFEA Camera Mobilephone bisa dilepas dan dikendalikan melalui perintah suara dari smartphone. Pengguna pun bisa lebih kreatif dalam merekam foto atau video dengan menempatkan modul kamera ini di berbagai tempat.

Modul kamera lepas-pasang ini juga dibekali dengan fitur ekstra berupa variasi efek lensa seperti lensa fish-eye, ultra-wide angle, telefoto, mode makro, serta berbagai mode lainnya.

Aneka fitur tersebut bisa dimanfaatkan para penyuka fotografi yang ingin mengeksplorasi lebih banyak gaya gambar, tanpa harus dibatasi kemampuan kamera smartphone konvensional.

Baca juga: Vivo V20 SE dan V20 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Modul IFEA Camera Mobilephone menempel ke bodi ponsel dengan dudukan pin magnetik khusus, yang sekaligus berfungsi untuk mengisi daya modul kamera. Sebuah aksesori tambahan berupa pengait bisa digunakan untuk menempatkan kamera di berbagai situasi.

Selain untuk pemotretan dan perekaman video, Vivo mengatakan IFEA Camera Mobilephone bisa dipakai dalam skenario lain seperti Augmented Reality.

Baca juga: Vivo Pamerkan Bodi Ponsel yang Bisa Berubah Warna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com