Kamera Telefoto Baru di iPhone 12 Pro Max, Bisakah Menyaingi Android?

Kompas.com - 19/10/2020, 14:02 WIB
iPhone 12 Pro Apple.comiPhone 12 Pro
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Lini iPhone 12 yang baru saja diperkenalkan oleh Apple pekan lalu menerapkan sejumlah peningkatan dibanding ponsel terdahulu, salah satunya kamera telefoto anyar yang disematkan di iPhone 12 Pro Max.

Kamera telefoto ini memiliki focal length lebih panjang dibandingkan model-model iPhone sebelumnya, yakni 65mm (ekuivalen full-frame, f/2.2)  dengan tingkat zoom optis 2,5x. Biasanya, kamera telefoto iPhone memiliki focal length sekitar 50mm dengan zoom optis 2x.

Dengan begitu, apakah kamera telefoto di iPhone 12 Pro Max sudah bisa menyaingi kamera telefoto di ponsel-ponsel flagship Android? Situs pengujian kamera, DxOMark, ternyata meragukannya.

Baca juga: Ini Bedanya Kamera iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max

Alasannya tak lain karena focal length lensa telefoto iPhone 12 Pro Max masih jauh berada di bawah lensa telefoto di ponsel Android yang rata-rata bisa mencapai kisaran 125mm, atau dengan kata lain memiliki rentang zoom di kisaran 5x.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Senin (19/10/2020), kamera iPhone 12 Pro Max pun disinyalir tidak akan dapat menyamai ponsel Android, paling tidak dalam hal jangkauan zoom untuk menangkap obyek-obyek foto yang berada di kejauhan.

DxOMark sendiri sebenarnya belum dibolehkan mengungkap hasil pengujian iPhone 12 sebelum tanggal 21 Oktober mendatang. Komentar bernada pesimis itu disampaikan oleh DxOMark melalui sebuah posting di media sosial China, Weibo.

Lini ponsel Apple sebelumnya tak memperoleh nilai tinggi di DxOMark. iPhone 11 Pro Max hanya meraih 117 poin dalam daftar pengujian situs tersebut sehingga harus puas duduk di urutan ke-16.

Baca juga: Apa Itu LiDAR dan Kegunaannya di iPhone 12 Pro?

Sementara. puncak-puncak peringkat DxOMark dikuasai smartphone flagship Android seperti Xiaomi Mi 10 Ultra dan Huawei P40 Pro.

Biarpun begitu, kamera iPhone 12 turut membawa sejumlah inovasi yang membuka peluang untuk pemanfaatan kamera secara lebih meluas, seperti misalnya sensor Light Detection and Ranging (LiDAR) untuk meningkatkan pengalaman Augmented Reality agar lebih terasa nyata.



Sumber GizChina
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X