Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wireless Charger" 80 Watt Xiaomi Isi Baterai Penuh dalam 19 Menit

Kompas.com - 20/10/2020, 15:22 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel China, Xiaomi memperkenalkan teknologi pengisi daya nirkabel (wireless charger) baru dengan daya 80 watt. Teknologi ini diklaim mampu mengisi baterai kapasitas 4.000 mAh sebanyak 10 persen hanya dalam waktu satu menit.

Untuk mengisi daya hingga 50 persen, memerlukan waktu sekitar 8 menit dan untuk terisi penuh membutuhkan waktu sekitar 19 menit.

Kemampuan ini meningkat dari pendahulunya, yakni pengisi daya nirkabel 30 watt yang diperkenalkan pada 2019. Teknologi itu mengisi daya baterai 50 persen dalam waktu 25 menit, dan 100 menit dalam 69 menit.

Baca juga: Cara Apple Bikin Baterai iPhone 12 Lebih Irit Meski Mendukung 5G

Teknologi pengisi daya nirkabel 80 watt merupakan pengembangan dari teknologi pengisi daya nirkabel 30 watt yang kemudian disusul teknologi yang sama, yang memiliki kekuatan 40 watt.

Teknologi pengisi daya nirkabel 40 watt yang dirilis Xiaomi pada Maret 2020 itu kemudian dikembangkan dengan kemampuan daya 50 watt yang diproduksi secara masal.

Pengisi daya nirkabel 50 watt didistribusikan bersama ponsel Mi 10 Ultra, yang diklaim bisa mengisi baterai 4.500 mAh dalam waktu 40 menit. Xiaomi juga memberikan dukungan teknologi pengisi daya kabel dengan keluaran 120 watt.

"Bagi Xiaomi, pencapaian ini diharapkan menjadi tolok ukur yang baru dalam bidang pengisian daya nirkabel maupun pengisian daya secara keseluruhan," jelas Xiaomi lewat keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Teknologi Fast Charging Ponsel Bisa Bunuh Powerbank?

Belum diketahui apakah pengisi daya nirkabel 80 watt nantinya juga akan diproduksi massal, seperti teknologi 50 watt atau tidak. Xiaomi juga tidak menyebutkan calon smartphone apa yang mengusung teknologi ini.

Dirangkum dari The Verge, pengisi daya nirkabel agaknya kurang populer di luar China. Di Eropa atau Amerika Serikat, produk pengisi daya cepat nirkabel dengan keluaran daya paling tinggi adalah OnePlus 8 Pro.

Apple baru-baru ini juga mengumukan produk pengisi daya nirkabel baru bernama MagSafe dengan keluaran daya 15 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com