Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Google hingga Facebook Mengaku Lebih Lelah Kerja di Rumah

Kompas.com - 20/10/2020, 19:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GeekWire

KOMPAS.com - Mekanisme work from home (WFH) banyak diterapkan di masa pandemi. Karyawan perusahaan pun bisa bekerja dari rumah tanpa perlu datang ke kantor (WFO).

Namun, WFH ternyata bisa lebih melelahkan dibanding kerja di kantor. Setidaknya begitu menurut riset yang dilakukan oleh aplikasi komunitas workplace bernama Blind.

Blind mengadakan survei yang mengumpulkan data dari sekitar 3.000 karyawan yang bekerja di 40 perusahaan teknologi ternama, seperti Amazon, Microsoft, Google, Facebook, Apple, dan lain-lain.

Baca juga: Karyawan Facebook Boleh WFH hingga Juli 2021 dan Dapat Tunjangan Alat Kerja

Dari sini diketahui bahwa para pegawai perusahaan teknologi itu ternyata merasa lebih lelah saat kerja di rumah. Sebanyak 74 persen dari sekitar 300 karyawan Amazon, misalnya, mengaku demikian.

Hal senada juga diungkapkan oleh sebagian besar karyawan Microsoft (76 persen), Google (79 persen), dan Facebook (81), yang mengatakan bahwa WFH lebih membuat letih ketimbang WFO.

Sebabnya adalah jam kerja. kebanyakan karyawan yang disurvei mengaku jam kerja mereka justru bertambah panjang dengan WFH. Misalnya, apabila jam kerja normal biasanya berdurasi 10 jam, maka mereka bisa saja bekerja hingga 12 jam atau lebih.

Sebagian dari responden mengaku bahwa mereka berupaya mengatasi kelelahan dan kejenuhan bekerja di rumah dengan melakukan aktivitas seperti makan di luar, berolahraga, dan berkutat dengan hal yang digemari.

Selain pertanyaan terkait kelelahan, Blind juga menyebut sekitar 1.658 orang karyawan yang diwawancari (60 persen dari 2.758 karyawan) mengaku WFH membuat jam kerja bertambah dibanding WFO.

Baca juga: First Media Catat Kenaikan Jumlah Pelanggan Terbesar Saat WFH

Riset Blind sejalan dengan studi lain yang dirilis Microsoft beberapa waktu lalu, yang  menyebutkan bahwa orang-orang yang keja di rumah sering lembur dan bekerja di akhir pekan.

Selain itu, para karyawan juga disebut semakin tertekan dengan WFH dan mulai mempengaruhi kesehatan mentalnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GeekWire, Selasa (20/10/2020).

Untuk mencegah dampak kesehatan mental yang diakibatkan WFH, sejumlah perusahaan teknologi raksasa, seperti Microsoft, Facebook, Google, dan lain sebagainya membagikan sederet tips untuk cara bekerja WFH yang baik dan benar.

Survei Blind terkait WFH di kalangan karyawan perusahaan teknologi bisa disimak secara lengkap di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GeekWire


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com