Sama-sama Game MOBA, Ini Bedanya Wild Rift dan Mobile Legends

Kompas.com - 20/10/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi League of Legends: Wild Rift (atas) dan Mobile Legends: Bang Bang (bawah). KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi League of Legends: Wild Rift (atas) dan Mobile Legends: Bang Bang (bawah).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Riot Games tleah mulai menghadirkan game Multiplayer Online Battle Arena ( MOBA) smartphone teranyarnya yang berjudul League of Legends: Wild Rift di Indonesia.

Game yang diadaptasi dari League of Legends versi PC ini sejatinya memiliki sejumlah persamaan dengan game MOBA populer lain, salah satunya adalah Mobile Legends: Bang Bang.

Di ukuran skala pemain, misalnya, Wild Rift dan Mobile Legends mengadu 2 tim yang masing-masing berisi 5 pemain dalam sebuah arena. Aneka skill dan perlengkapan (item)seperti senjata dan armor tersedia untuk meningkatkan kemampuan bertarung. 

Baca juga: Ingin Main League of Legends: Wild Rift? Begini Cara Daftarnya

Jumlah peran (role) dari karakter hero yang digunakan untuk bermain juga mirip. Ada 5 tipe hero yang terdiri dari Fighter, Assassin, Tank, Mage, Support, dan Marksman. Kelima role ini memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu tim memenangkan pertandingan.

Meski memiliki beberapa persamaan, Wild Rift dan Mobile Legends sebenarnya mempunyai banyak perbedaan yang membuat masing-masing game memiliki keunikan tersendiri. Apa saja?

Beda jumlah, nama karakter, dan tempat

Sebagai game yang sudah beberapa tahun eksis, Mobile Legends memiliki jumlah hero lebih banyak, mencapai 99. Sementara Wild Rift menawarkan 40 hero yang di game ini disebut sebagai "Champions".

Ilustrasi kumpulan karakter di Wild Rift (atas) dan Mobile Legends (bawah).KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi kumpulan karakter di Wild Rift (atas) dan Mobile Legends (bawah).

Nama puluhan karakter di kedua game ini juga berbeda, tidak ada yang sama, begitu juga skill dari masing-masing karakter tersebut.

Arena tempat bertarung disebut sebagai "Wild Rift" di game Wild Rift, sementara di Mobile Legends, namanya adalah "Land of Dawn".

Meski sekarang masih lebih sedikit dibanding Mobile Legends, jumlah Champions di Wild Rift kemungkinan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Mobile Legends sendiri pada saat kehadiran perdananya di 2016 hanya menawarkan 10 karakter hero.

Beda cara belanja item dan spell

Perbedaan lainnya berasal dari sistem pembelian senjata (equipment) alias shop. Pemain Mobile Legends bisa membeli item kapanpun dan di manapun saat bermain, asalkan memiliki jumlah gold yang cukup.

Baca juga: Mobile Legends Bagi-bagi Kode Redeem, Bisa Dapat Skin dan Hero Gratis

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X