Pemerintah Swedia Blokir Huawei dan ZTE

Kompas.com - 21/10/2020, 12:45 WIB
ilustrasi Huawei user businessinsider.comilustrasi Huawei user

KOMPAS.com - Pemerintah Swedia memblokir dua perusahaan asal China yakni Huawei dan ZTE dalam penggunaan teknologi 5G.

Pemblokiran ini dilakukan jelang pelelangan spektrum 3,5 GHz dan 2,3GHz pada 10 November yang diikuti sejumlah perusahaan telekomunikasi Swedia.

Setidaknya ada empat perusahaan telekomunikasi yang disetujui ikut lelang, yakni Hi3G Access, Net4Mobility, Telia Sverige dan Teracom. Salah satu persyaratan yang diberlakukan dalam lelang ini adalah tidak boleh menggunakan produk dari Huawei dan ZTE.

Menurut Otoritas Pos dan Telekomunikasi Swedia (PTS), pemblokiran ini dilakukan berdasarkan rekomendasi lembaga keamanan Swedia

Apabila para peserta lelang masih menggunakan infrastruktur dari Huawei dan ZTE, pemerintah mengimbau agar segera menghapus peralatan secara bertahap hingga 1 Januari 2025.

Baca juga: Pengamat Sebut Huawei Berpotensi Kehilangan Bisnis Smartphone

Kemudian, jika ada staff dan fungsi pusat yang berada di luar negeri, diminta untuk segera dipindahkan ke Swedia.

"Fungsi pusat di sini adalah fungsi dalam jaringan akses radio, jaringan transmisi, jaringan inti dan jaringan layanan serta perbaikan yang dibutuhkan untuk menjaga fungsionalitas jaringan dan layanan komunikasi elektronik yang diberikan oleh pemegang lisensi," jelas PTS.

Swedia menjadi negara kedua di Eropa yang mendeklarasikan pemblokiran atas peralatan telekomunikasi asal China. Sebelumnya, Inggris telah mengumumkan hal yang sama lebih dulu.

Selama dua tahun belakangan, Huawei dan ZTE menjadi sorotan pemerintah AS yang mengajak sekutunya untuk tidak menggunakan teknologi 5G dari perusahaan asal China seperti Huawei atau ZTE.

Pemerintah di negara Eropa juga telah melakukan peninjauan keterlibatan perusahaan China terhadap pembangunan jaringan 5G di negara mereka, setelah mendapat tekanan dari AS.

Halaman:


Sumber IT Wire
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X