Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Tombol Start Menu Baru di Windows 10

Kompas.com - 21/10/2020, 15:04 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat beredar bocorannya pada bulan April lalu, Microsoft akhirnya resmi memperkenalkan desain tombol Start Menu baru di Windows 10. Tombol baru ini hadir lewat update Windows 10 20H2.

Microsoft tidak menghilangkan gaya "Live Tiles" berupa kotak ikon aplikasi, tapi mengubah desainnya menjadi terlihat lebih manis. Kotak-kotak ikon juga kini mengusung warna yang sama, sehingga membedakannya dengan kotak banyak warna ala Windows 8.

Tombol Start Menu Windows 10 di update 20H2 ini sebetulnya tidak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya, hanya saja, tampilannya lebih sederhana dengan warna latar belakang yang sama, seolah transparan.

Baca juga: Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10

Desain tombol start menu juga dirancang agar bisa menyatu dengan theme yang dipakai pengguna, seperti misalnya light mode (terang) atau dark mode (gelap).

Tampilan baru start menu Windows 10XDA-Developers.com Tampilan baru start menu Windows 10

Pengguna juga dapat mengubah warna latar belakang, dengan cara mengunjungi opsi Pengaturan (Settings) untuk memilih varian warna yang tersedia.

Selain itu, akses untuk mengubah refresh rate layar juga bisa diakses langsung dari tombol Start Menu ini, sehingga pengguna tak perlu "menggali dalam" ke dalam menu Settings.

Baca juga: Cara Bersih-bersih File di Windows 10 Agar Penyimpanan Lebih Lega

Dengan update demikian, tampilan notifikasi yang muncul kini lebih ringkas dan Taskbar terlihat menjadi lebih rapi.

Dalam pembaruan ini, browser Microsoft Edge juga dibekali sejumlah fitur-fitur baru, seperti Collections yang memungkinkan pengguna dapat dengan mudah berbagi dan menyimpan konten yang telah diunduh.

Ada juga fitur Price Comparison untuk memudahkan pengguna ketika ingin mencari dan membandingkan harga barang dari beberapa situs belanja online yang dibuka.

Perlu dicatat, pembaruan Windows 10 20H2 hanya dapat mendukung perangkat Windows 10 versi 1903, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (21/10/2020).

Kedepannya, pembaruan ini akan disebar secara bertahap ke seluruh pengguna berbasis Windows 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com