Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia C3 Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 1,6 Juta

Kompas.com - 21/10/2020, 16:12 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat dirilis di China, pemegang lisensi merek Nokia, HMD Global akhirnya memboyong smartphone entry-level teranyarnya, Nokia C3 ke pasar Indonesia.

Ponsel tersebut merupakan suksesor Nokia C2 yang hadir dengan sejumlah peningkatan spesifikasi, dan dihadirkan untuk pengguna feature phone yang ingin beralih ke smartphone.

"Kami memboyong Nokia C3 ke Indonesia untuk pengguna yang ingin beralih ke smartphone, namun menginginkan fitur terbaru dan sistem keamanan mumpuni," ujar Karel Holub, Country GM Indonesia, HMD Global, dalam acara peluncuran virtual, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Nokia Bangun Jaringan 4G di Bulan

Keamanan yang dijanjikan Nokia adalah jaminan pembaruan (security updates) selama dua tahun, sehingga Nokia C3 bakal tetap terlindungi dari beragam masalah terkait keamanan.

"Nokia C3 hadir dengan security update selama 2 tahun, untuk membuat perangkat tetap terlindungi dari waktu ke waktu," tutur Karel.

Desain dan spesifikasi

Secara desain, tampilan depan Nokia C3 mirip pendahulunya, yakni Nokia C2 dan C1. Artinya, bagian bezel atas dan bawah masih cukup tebal. Layarnya sendiri berukuran 5,99 inci dan beresolusi HD Plus.

Ilustrasi tampilan depan dan belakang Nokia C3.Nokia Ilustrasi tampilan depan dan belakang Nokia C3.

Di bezel bagian atas terdapat kamera selfie beresolusi 5 MP (f/2.4), sementara di bagian bawahnya ada logo ikonik bertuliskan "Nokia", sama seperti sebagian besar ponsel HMD Global pada umumnya.

Beralih ke bagian belakang, di sisi ini terdapat satu kamera yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.0), ditemani dengan sebuah modul LED flash.

Kamera dan LED flash itu disusun secara vertikal, tepat di atas modul pemindai sidik jari (fingerprint) konvensional berbentuk bulat. 

Baca juga: Nokia 215 dan 225 Dirilis, Feature Phone 4G Bisa VoLTE

Di balik cangkang berbahan polikarbonat ini, tertanam chipset Unisoc SC9863 (octa-core, 1,6 GHz) yang dipadu dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 128 GB.

Baterai Nokia C3 berkapasitas 3.040 mAh dan diklaim kuat dipakai untuk memutar musik selama 31 jam atau menonton video hingga 7 jam. Ketika habis, baterai ponsel bisa diisi dengan daya 5 watt.

Baca juga: Daftar Ponsel Nokia yang Kebagian Android 11 dan Jadwal Kedatangannya

Fitur pendukung lainnya mencakup tombol pintasan fisik dedicated untuk mengakses layanan Google Assistant, sistem operasi Android 10, Bluetooth 4.2, port micro-USB 2.0, serta jack audio 3,5 mm.

Ponsel berdimensi 159,9 x 77 x 8,69 mm ini memiliki bobot 184,5 gram dan tersedia dalam dua varian warna, yakni Nordic Blue dan Sand.

Harga Nokia C3 di Indonesiadibanderol Rp 1,6 Juta, dan mulai bisa dipesan (pre-order) 23 Oktober - 8 November di beberapa e-commerce rekanan Nokia di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com