Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 di Mata Para Pengulas Gadget

Kompas.com - 22/10/2020, 10:25 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 12 yang diumumkan Apple beberapa pekan lalu masih menyisakan euforia di kalangan pencinta gadget. Beberapa di antara mereka mendapat kesempatan menjajal jajaran iPhone 12 lebih awal.

Salah satunya adalah YouTuber gadget kenamaan, Marques Brownlee, yang berkesempatan mengulik iPhone 12.

"iPhone 12 terlihat dan terasa bagus buat saya, sangat solid, sedikit berat sebenarnya," begitu kesan pertama Marques yang diungkapnya dalam video berjudul "iPhone 12 Unboxing Experience+MagSafe Demo" yang tayang di kanal YouTube-nya.

Marques mengaku sangat tertarik dengan desain baru yang diusung Apple. Ia menyebu iPhone 12 ini mirip iPad Pro atau iPhone 4 atau iPhone 5.

Bodi iPhone 12 yang square shape (kotak) bukan rounded (melengkung) disebut Marques lebih nyaman digenggam. Namun, ia menyayangkan Apple yang masih menggunakan port lightning alih-alih USB-C.

Baca juga: Kotak Kemasan iPhone 12 Lebih Tipis, Intip Isinya di Sini

"Sepertinya mereka akan lebih baik jika menggunakan USB-C, tapi seperti yang Anda tahu, sepertinya hal itu tidak mungkin terjadi," katanya.

Selain iPhone 12, Marques juga turut mengulas unit iPhone 12 Pro. Dari segi bodi, salah satu perbedaannya ada di sisi frame atau bingkai casing.

iPhone 12 Pro memiliki frame yang terbuat dari stainless steel, sementara iPhone 12 bingkainya terbuat dari matte alumunium.

"Namun saya lebih suka alumunium," kata Marques.

Menurutnya, panel pemindai sidik jari yang digunakan pada material stainless tidak terlalu sedap dipandang. Untuk diketahui, panel pemindai sidik jari iPhone 12 terletak di bagian samping.

Dalam video yang diunggah, Marques juga mencoba MagSafe, pengisi daya nirkabel baru buatan Apple yang memiliki daya 15 watt.

Seperti diberitakan sebelumnya, Apple tidak menyertakan charger di dalam kotak pembelian iPhone 12 dengan alasan agar lebih "ramah lingkungan".

Pengguna dipersilakan menggunakan charger iPhone yang sudah dimiliki sebelumnya atau membeli charger USB secara terpisah.

Bisa juga membeli MagSafe seharga 39 dollar AS (sekitar Rp 570.000) atau bundling dengan Leather Wallet with MagSafe seharga 59 dollar AS (sekitar Rp 870.000). Itu pun jika memiliki budget lebih.

Baca juga: iPhone 12 Dijual Tanpa Charger, Ini Daftar Harganya jika Dibeli Terpisah

Salah satu yang menjadi kritik Marques adalah Apple hanya menyertakan unit ponsel, buku-buku panduan, stiker Apple, dan konverter kabel USB C ke lightning. Sedangkan selama ini, Apple menyertakan kepala charger dengan port USB A.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com