Nikon Keluar dari Indonesia, Alarm Kondisi Pasar Kamera Kita?

Kompas.com - 22/10/2020, 16:15 WIB
Beragam merek kamera analog yang masih dijual salah satu toko kamera di Harco Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (16/9). Pasar ini bertahan dengan konsistensinya menyediakan barang-barang spesifik. KOMPAS/RADITYA HELABUMIBeragam merek kamera analog yang masih dijual salah satu toko kamera di Harco Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (16/9). Pasar ini bertahan dengan konsistensinya menyediakan barang-barang spesifik.

KOMPAS.com - Nikon resmi undur diri dari pasar kamera digital di Indonesia, terhitung mulai 22 Oktober 2020. Belum diketahui alasan pasti hengkangnya perusahaan asal Jepang itu dari pasar Tanah Air.

Nikon Indonesia tidak memberikan keterangan resmi baik melalui siaran pers maupun di website resminya. Satu-satunya pengumuman dibuat melalui kanal resmi media sosial Nikon.

Kamera-kamera Nikon akan tetap dijual di Indonesia, namun melalui distributor resmi PT. Alta Nikindo. Begitu juga untuk layanan pusat bantuan dan service.

Yang pasti, hengkangnya Nikon dari pasar Indonesia membunyikan alarm, seperti apa sebenarnya kondisi pasar kamera digital di Indonesia?

Baca juga: Nikon Indonesia Tutup, ke Mana Pengguna Bisa Servis Kamera?

Sintra Wong, Assistant Director Marketing Division Canon Datascrip mengatakan, pasar kamera di Indonesia memang sedang terpuruk. Antara kuartal I hingga III-2020, penjualan kamera di Indonesia diperkirakan turun hampir 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Salah satu penyebab utamanya adalah pandemi Covid-19 yang turut memperlambat laju ekonomi dalam negeri.

Faktor ekonomi membuat turunnya daya beli masyarakat. Tren konsumsi masyarakat juga bergeser, karena terbatasnya aktivitas di luar ruangan.

"Sehingga kamera tidak menjadi kebutuhan saat ini," kata Sintra ketika dihubungi KompasTekno, Kamis (22/10/2020).

Penjualan kamera Canon di Indonesia sendiri juga terdampak oleh pandemi Covid-19 ini. Namun Sintra enggan menyebutkan berapa besar penurunannya.

Yang pasti Sintra menegaskan pangsa pasar kamera Canon di Indonesia secara total masih 45 persen selama periode kuartal I-kuartal III 2020. Di tengah lesunya pasar, Canon masih berusaha bertahan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X