Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charger MagSafe iPhone 12 Bisa Dipakai di Galaxy Z Fold 2

Kompas.com - 22/10/2020, 19:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah memperkenalkan jajaran iPhone 12, Apple mendapat sindiran dari para kompetitornya. Sebab, Apple tidak menyertakan kepala charger dalam kotak pembelian. Alasan yang dikemukakan adalah untuk menjaga lingkungan.

Apple berdalih produksi pembuatan aksesori pelengkap smartphone seperti charger membutuhkan konsumsi listrik yang besar. Sebagai gantinya, Apple memperkenalkan MagSafe, pengisi daya nirkabel berbasis magnet dengan daya 15 watt.

Semua lini iPhone 12 memiliki cincin magnet di sekitar koil pengisi daya nirkabel pada bagian punggung. Panel MagSafe nantinya akan menempel di cincin magnet tersebut untuk melakukan pengisian daya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 di Mata Para Pengulas Gadget

Meski dibuat oleh Apple, MagSafe tidak hanya berfungsi pada iPhone 12 saja. MagSafe bisa bekerja pada interface Qi, sehingga secara teori, semua perangkat yang mendukung standar Qi tersebut bisa menggunakan MagSafe untuk mengisi daya.

Termasuk ponsel Samsung Galaxy. Seperti diketahui, beberapa ponsel Galaxy juga didukung fitur pengisi daya cepat nirkabel. Max Weinbach, salah satu penulis di Android Police, mencoba menggunakan MagSafe ke ponsel lipat Galaxy Z Fold 2.

Hasilnya, MagSafe bisa tersambung dan melakukan pengisian daya. Meskipun pengisi daya bisa terlepas saat digerakan dengan kuat. Weinbach pun mengunggah bukti percobannya ke akun Twitternya.


Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (22/10/2020), MagSafe juga bekerja dengan baik di Google Pixel 5. Hal itu dibuktikan oleh salah satu YouTuber Gadget, Aaron Zollo alias Zollotech.

Baca juga: Lagi, Samsung Sindir iPhone 12 karena Dijual Tanpa Charger

Punggung Google Pixel 5 terbuat dari alumunium. Kemungkinan, koil di dalamnya membuat MagSafe bisa menempel erat di punggung Pixel 5.

Saking eratnya menempel, Aaron harus menggoyangkan ponsel lebih keras agar MagSafe terlepas dari punggung Google Pixel 5.

Aksesori MagSafe dijual secara terpisah. Di AS, MagSafe dijual dengan harga 39 dollar AS atau sekitar Rp 570.000 (kurs rupiah saat berita ditulis). Ada pula opsi bundling denga Leather Wallet yang dibanderol 59 dollar AS (Rp 870.000).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com