Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Orang Indonesia Paling Doyan Buka Aplikasi Belanja

Kompas.com - 23/10/2020, 17:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laporan yang dihimpun iPrice, berjudul Southeast Asian Map of E-Commerce untuk kuartal II-2020, menunjukan orang Indonesia paling sering mengakses aplikasi belanja dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara.

Total sesi atau kunjungan yang dicatat aplikasi belanja di Indonesia mencapai 28,5 miliar pada kuartal II-2020.

Angka itu naik 34 persen dari kuartal sebelumnya yang mencatat 21,3 miliar sesi.
Indonesia unggul jauh dari Thailand di posisi kedua dengan total sesi aplikasi belanja sebanyajk 12,9 miliar  pada kuartal II-2020.

Baca juga: Gojek Siapkan Layanan E-commerce GoStore?

Peningkatan paling pesat diraih Filipina yang sesi penggunaan aplikasi belanjanya naik 53 persen. Tapi total sesinya masih kalah jauh dengan Indonesia, yakni hanya 4,9 miliar, dari 3,2 miliar di kuartal I-2020.

Grafis yang menunjukan total sesi penggunaan aplikasi belanja di negara-negara di Asia Tenggara.iPrice Grafis yang menunjukan total sesi penggunaan aplikasi belanja di negara-negara di Asia Tenggara.

Pada kuartal II-2020, total jumlah unduhan kategori belanja di Indonesia mencapai 40,7 miliar sehingga duduk di posisi pertama dalam hal total unduhan aplikasi belanja terbanyak di Asia Tenggara. Namun, jumlah itu menurun dua persen dari kuartal sebelumnya.

Kemungkinan hal ini dikarenakan aplikasi-apllikasi belanja sudah banyak terpasang di smartphone pengguna sehingga tak perlu diunduh lagi.

E-commerce lokal juga menjadi primadona d Indonesia, dengan angka kunjungan mencapai 55 persen di kuartal II-2020. Namun, jumlah itu turun dari kuartal sebelumnya yang mencatat 57 persen.

Grafis total unduhan apliksi belanja di negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia berada di puncak posisi.
iPrice Grafis total unduhan apliksi belanja di negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia berada di puncak posisi.

Baca juga: Telkom Tutup E-commerce Blanja.com

Sebaliknya, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari iPrice, Jumat (23/10/2020), e-commerce internasional mencatat kenaikan angka kunjungan sebesar 2 persen dibanding kuartal sebelumnya, menjadi 45 persen pada kuartal II-2020.

Dari lima besar e-commerce yang disorot oleh studi ini, tiga di antaranya adalah pemain lokal, yakni Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Dua e-commerce lain adalah Shopee dan Lazada yang merupakan pemain dari luar negeri.

Laporan Southeast Asian Map of E-Commerce dihimpun iPrice yang bekerja sama dengan App Annie dan Similarweb. Dalam studi ini, hanya pengguna Android saja yang dilibatkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com