Studi Ungkap Orang Indonesia Paling Doyan Buka Aplikasi Belanja

Kompas.com - 23/10/2020, 17:44 WIB
Ilustrasi belanja online SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja online

KOMPAS.com - Laporan yang dihimpun iPrice, berjudul Southeast Asian Map of E-Commerce untuk kuartal II-2020, menunjukan orang Indonesia paling sering mengakses aplikasi belanja dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara.

Total sesi atau kunjungan yang dicatat aplikasi belanja di Indonesia mencapai 28,5 miliar pada kuartal II-2020.

Angka itu naik 34 persen dari kuartal sebelumnya yang mencatat 21,3 miliar sesi.
Indonesia unggul jauh dari Thailand di posisi kedua dengan total sesi aplikasi belanja sebanyajk 12,9 miliar  pada kuartal II-2020.

Baca juga: Gojek Siapkan Layanan E-commerce GoStore?

Peningkatan paling pesat diraih Filipina yang sesi penggunaan aplikasi belanjanya naik 53 persen. Tapi total sesinya masih kalah jauh dengan Indonesia, yakni hanya 4,9 miliar, dari 3,2 miliar di kuartal I-2020.

Grafis yang menunjukan total sesi penggunaan aplikasi belanja di negara-negara di Asia Tenggara.iPrice Grafis yang menunjukan total sesi penggunaan aplikasi belanja di negara-negara di Asia Tenggara.

Pada kuartal II-2020, total jumlah unduhan kategori belanja di Indonesia mencapai 40,7 miliar sehingga duduk di posisi pertama dalam hal total unduhan aplikasi belanja terbanyak di Asia Tenggara. Namun, jumlah itu menurun dua persen dari kuartal sebelumnya.

Kemungkinan hal ini dikarenakan aplikasi-apllikasi belanja sudah banyak terpasang di smartphone pengguna sehingga tak perlu diunduh lagi.

E-commerce lokal juga menjadi primadona d Indonesia, dengan angka kunjungan mencapai 55 persen di kuartal II-2020. Namun, jumlah itu turun dari kuartal sebelumnya yang mencatat 57 persen.

Grafis total unduhan apliksi belanja di negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia berada di puncak posisi.
iPrice Grafis total unduhan apliksi belanja di negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia berada di puncak posisi.

Baca juga: Telkom Tutup E-commerce Blanja.com

Sebaliknya, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari iPrice, Jumat (23/10/2020), e-commerce internasional mencatat kenaikan angka kunjungan sebesar 2 persen dibanding kuartal sebelumnya, menjadi 45 persen pada kuartal II-2020.

Dari lima besar e-commerce yang disorot oleh studi ini, tiga di antaranya adalah pemain lokal, yakni Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Dua e-commerce lain adalah Shopee dan Lazada yang merupakan pemain dari luar negeri.

Laporan Southeast Asian Map of E-Commerce dihimpun iPrice yang bekerja sama dengan App Annie dan Similarweb. Dalam studi ini, hanya pengguna Android saja yang dilibatkan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X