Pertumbuhan Pelanggan Netflix Dilaporkan Melambat

Kompas.com - 23/10/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone. BloombergIlustrasi Netflix di smartphone.

KOMPAS.com -  Layanan streaming film dan serial TV, Netflix diprediksi akan mengalami pertumbuhan pelanggan yang melambat dalam beberapa tahun ke depan.

Kabar itu merujuk pada laporan yang dirilis oleh firma riset pasar, Emarketer yang memperkirakan bahwa di tahun yang akan datang, pertumbuhan pelanggan Netflix akan melambat secara bertahap.

Pertumbuhan jumlah pelanggan baru Netflix juga mengalami perlambatan, semenjak awal 2020 ini.

Perlambatan itu diduga disebabkan oleh mayoritas orang yang mulai mengalihkan aktivitas mereka selama pandemi Covid-19, dari kegiatan di dalam rumah menjadi kegiatan di luar ruangan.

Baca juga: Netflix Diam-diam Hapus Gratisan Uji Coba 30 Hari di Indonesia

Dalam laporan yang dipublikasi oleh perusahaan, pada kuartal II-2020 (Juli - September), Netflix hanya menjaring sekitar 2,2 juta pelanggan. Jumlah itu masih belum mencapai target perusahaan yang mematok sekitar 3,4 juta pelanggan baru tahun ini.

Secara keseluruhan, kini Netflix diprediksi memiliki 195,2 juta pelanggan di seluruh dunia.

Meski demikian, Netflix masih tetap unggul untuk tahun ini dengan 28 juta pelanggan tambahan selama sembilan bulan pertama tahun 2020. Ini menjadikan Netflix perusahaan yang paling banyak penambahan pelanggannya per tahun sepanjang sejarahnya.

Momentum ini diprediksi akan berakhir jika melihat tren saat ini, dimana Netflix hanya memproyeksikan 6 juta pelanggan baru pada periode Oktober-Desember 2020. Tahun lalu, proyeksi Netflix adalah 8,8 juta pelanggan.

Asia Pasifik adalah kunci

Meski melambat, namun pertumbuhan Netflix diprediksi masih akan didominasi oleh pelanggan yang berada di wilayah Asia Pasifik hingga 2024 mendatang.

Baca juga: Perbandingan Harga Langganan Netflix, Viu, Amazon Prime, dan Disney Plus di Indonesia

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X