Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Illustrator Akhirnya Tersedia di iPad

Kompas.com - 24/10/2020, 14:02 WIB
Reska K. Nistanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun menunggu, pengguna iPad kini sudah bisa mengunduh aplikasi Adobe Illustrator di perangkat tablet mereka.

Tool profesional untuk menggambar secara digital ini resmi hadir di App Store iPadOS sejak Selasa (23/10/2010), dan bisa diunduh secara gratis.

Namun, pengguna iPad harus berlangganan Creative Cloud untuk mendapatkan manfaat Adobe Illustrator seutuhnya. Adobe juga tidak menyediakan skema beli putus untuk Illustrator di iPad.

Tak seperti di versi Mac, Adobe Illustrator versi iPad fokus pada fungsionalitas layar sentuh dan pena digital (stylus), dengan memanfaatkan Apple Pencil.

Fitur-fitur Adobe Illustrator di iPad tak jauh beda dari versi mobile, mulai dari pen, pensil, dan brush, hingga layers, properties, dan pilihan grid. Sejumlah fitur spesifik memang belum tersedia, namun fitur tersebut bukan yang selalu dipakai.

Baca juga: Cerita Pria Asal Indonesia Dibayar Adobe Rp 90 Juta Karena Foto Editan

Alat-alat (tools) utama didesain ulang agar pengguna bisa bekerja dengan nyaman di layar tablet, seperti toolbar yang menonjol di bawah seleksi, sehingga memungkinkan pengguna mengunci atau membuat perubahan tanpa harus "menggali" menu.

Walau pengguna lama akan merasakan perbedaan dalam aplikasi ini, namun, Adobe berjanji Illustrator versi iPad ini didesain agar pengguna tetap bisa mengedit file dengan lancar antara versi desktop dan tablet.

Illustrator sendiri menjadi aplikasi ketiga Adobe yang dibawa dari versi desktop ke iPad, setelah Lightroom pada 2014 dan Photoshop pada 2019.

Adobe berjanji Illustrator di iPad akan terus "berevolusi" dengan penambahan fitur-fitur baru, seolah ingin menangkis kritikan yang ditujukan kepada mereka saat Photoshop pertama kali dirilis di iPad.

Baca juga: Adobe Flash Dipastikan Pensiun Akhir Tahun Ini

"Ini baru permulaan perjalanan kami," tulis Vice President Adobe Design, Eric Snowden dalam pengumuman yang dibuat perusahaan, dikutip KompasTekno dari The Verge, Sabtu (24/10/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com