Adobe Illustrator Akhirnya Tersedia di iPad

Kompas.com - 24/10/2020, 14:02 WIB
Ilustrasi Adobe Illustrator di iPad. AdobeIlustrasi Adobe Illustrator di iPad.

KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun menunggu, pengguna iPad kini sudah bisa mengunduh aplikasi Adobe Illustrator di perangkat tablet mereka.

Tool profesional untuk menggambar secara digital ini resmi hadir di App Store iPadOS sejak Selasa (23/10/2010), dan bisa diunduh secara gratis.

Namun, pengguna iPad harus berlangganan Creative Cloud untuk mendapatkan manfaat Adobe Illustrator seutuhnya. Adobe juga tidak menyediakan skema beli putus untuk Illustrator di iPad.

Tak seperti di versi Mac, Adobe Illustrator versi iPad fokus pada fungsionalitas layar sentuh dan pena digital (stylus), dengan memanfaatkan Apple Pencil.

Fitur-fitur Adobe Illustrator di iPad tak jauh beda dari versi mobile, mulai dari pen, pensil, dan brush, hingga layers, properties, dan pilihan grid. Sejumlah fitur spesifik memang belum tersedia, namun fitur tersebut bukan yang selalu dipakai.

Baca juga: Cerita Pria Asal Indonesia Dibayar Adobe Rp 90 Juta Karena Foto Editan

Alat-alat (tools) utama didesain ulang agar pengguna bisa bekerja dengan nyaman di layar tablet, seperti toolbar yang menonjol di bawah seleksi, sehingga memungkinkan pengguna mengunci atau membuat perubahan tanpa harus "menggali" menu.

Walau pengguna lama akan merasakan perbedaan dalam aplikasi ini, namun, Adobe berjanji Illustrator versi iPad ini didesain agar pengguna tetap bisa mengedit file dengan lancar antara versi desktop dan tablet.

Illustrator sendiri menjadi aplikasi ketiga Adobe yang dibawa dari versi desktop ke iPad, setelah Lightroom pada 2014 dan Photoshop pada 2019.

Adobe berjanji Illustrator di iPad akan terus "berevolusi" dengan penambahan fitur-fitur baru, seolah ingin menangkis kritikan yang ditujukan kepada mereka saat Photoshop pertama kali dirilis di iPad.

Baca juga: Adobe Flash Dipastikan Pensiun Akhir Tahun Ini

"Ini baru permulaan perjalanan kami," tulis Vice President Adobe Design, Eric Snowden dalam pengumuman yang dibuat perusahaan, dikutip KompasTekno dari The Verge, Sabtu (24/10/2020).



Sumber The Verge

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X