Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Prototipe Ponsel Layar Gulung Buatan TCL, Begini Cara Kerjanya

Kompas.com - 29/10/2020, 08:46 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah ponsel layar lipat, kini giliran ponsel dengan layar gulung yang mulai muncul. Satu prototipe (purwarupa) ponsel dengan layar semacam itu belakangan didemonstrasikan oleh pabrikan ponsel China, TCL.

Dalam video yang memperlihatkan demonstrasi tersebut, terlihat bahwa layar smartphone itu bisa dibentangkan secara vertikal sehingga ukurannya bertambah panjang, dari semula 4,5 inci menjadi 6,7 inci.

Setelah dibentangkan, layar dapat kembali digulung. Gulungan layar tadi nampak disimpan di bingkai ujung ponsel, yang bisa digerakkan untuk membentang dan menggulung.

Baca juga: TCL Pamer Ponsel Layar Lipat Tiga dan Gulung

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (29/10/2020), jenis panel display yang digunakan untuk layar berjulukan "cloud scroll screen" ini adalah AMOLED yang memang fleksibel.

Selain ponsel, TCL juga mendemonstrasikan layar gulung dengan ukuran lebih besar, yang digulung dan dibentangkan secara horizontal. Bukan tidak mungkin nantinya layar gulung bisa diaplikasikan pula di perangkat jenis lain seperti tablet.

Karena masih berupa purwarupa, tak diketahui kapan TCL akan memproduksi ponsel layar gulung secara massal, jika benar-benar diwujudkan dalam bentuk produk final.

Baca juga: LG Mulai Jual TV Pertama yang Bisa Digulung, Harganya Rp 1,2 Miliar

Kalaupun nanti sudah hadir, ada kemungkinan harganya bakal mahal, seperti ponsel-ponsel lipat yang awalnya bisa dibanderol hingga puluhan juta rupiah, dan masih relatif mahal hingga sekarang.

Teknologi layar gulung sebelumnya sudah muncul dalam bentuk televisi berukuran 65 inci buatan LG. Saat mulai dijual di Korea Selatan pekan lalu, harganya dipatok sebesar Rp 1,2 miliar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com