Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global di Kuartal-III 2020

Kompas.com - 31/10/2020, 11:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber IDC

KOMPAS.com - Setelah terpuruk selama beberapa kuartal akibat pandemi Covid-19, pasar smartphone global akhirnya mulai membaik. Menurut laporan firma riset pasar IDC, pada kuartal III (Q3) 2020, pengiriman smartphone global turun "hanya" 1,3 persen secara year over year (YoY).

Meskipun menurun, angka ini jauh lebih kecil dari prediksi IDC yang memperkirakan penurunan sebesar 9 persen secara YoY. Pelonggaran karantina wilayah di beberapa negara menjadi faktor utama pemulihan industri smartphone global.

Terutama di sejumlah negara seperti India yang menjadi pasar terbesar kedua, menunjukkan kontribusi pengiriman yang kuat meski masih dibayangi pandemi Covid-19.

Pasar lain seperti Brazil, Indonesia, dan Rusia yang secara berurutan menjadi pasar terbesar keempat hingga keenam dunia juga menunjukkan kinerja positif.

Menurut direktur riset IDC, Nabila Popal, meskipun masih belum maksimal, kegiatan promosi dan diskon besar-besaran yang dilakukan para jenama mempercepat pemulihan pasar smartphone.

Baca juga: 5 Pabrikan Smartphone Terbesar di Kuartal III-2020, Xiaomi Geser Apple

"Di India, pembelajaran jarak jauh meningkatkan permintaan ponsel low-end karena harganya lebih murah dibanding tablet.

Permintaan ponsel low-end semakin meningkatkan persaingan di segmen kelas bawah bagi para vendor.

Sementara itu negara lain seperti China, Eropa, dan Amerika mengalami penurunan pada kuartal III-2020.

Negara-negara ini merupakan pasar kunci bagi Apple. Peluncuran iPhone 12 yang sedikit mundur turut mempengaruhi penurunan pengiriman ponsel. Kendati demikian, perangkat dengan koneksivitas 5G mulai marak di negara-negara ini.

Lima besar

Di kuartal ketiga (Q3) 2020 ini, secara keseluruhan, Samsung menempati urutan pertama sementara Huawei turun ke posisi kedua penguasa ponsel pintar global.

Vendor ponsel asal China, Xiaomi untuk pertama kalinya mampu melampaui Apple dan duduk di posisi ketiga sedangkan Apple di posisi keempat. Posisi kelima ditutup oleh Vivo yang kembali masuk lima besar ponsel pintar global.

Samsung

Samsung mencatat pangsa pasar sebesar 22,7 persen setalah mengirimkan 80,4 juta unit smartphone. Angka itu naik 2,9 persen secara YoY. India menjadi pasar terbesar Samsung dengan kontribusi 15 persen dari total volume pengiriman.

Baca juga: Samsung Galaxy M51 Baterai 7.000 mAh Kembali Bisa Dipesan Hari Ini

Pertumbuhan Samsung di India hampir mencapai 40 persen secara YoY berkat ponsel yang dijual dengan harga di bawah 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 juta.

Halaman:
Sumber IDC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com