Data Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Cermati.com Disebut Bocor dan Dijual di Internet

Kompas.com - 02/11/2020, 08:05 WIB
ilustrasi hacker shutterstockilustrasi hacker
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sekitar 2,9 juta data pengguna platform teknologi finansial (fintech) asal Indonesia, Cermati, dikabarkan diretas dan dijual bebas di dunia maya. Data tersebut dijual melalui forum hacker bersama 34 juta data dari 17 perusahaan lain.

Menurut pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, 2,9 juta data pengguna Cermati yang dijual bebas mencakup nama lengkap, NIK, NPWP, alamat, nomor telepon, rekening, nama ibu kandung pengguna, hingga pekerjaan.

Teguh mengatakan, data-data pengguna Cermati tersebut dijual seharga 2.200 dollar AS atau sekitar Rp 32 juta.

Sebagai informasi, Cermati merupakan startup yang bergerak di bidang teknologi keuangan. Perusahaan ini menyediakan informasi untuk membantu pengguna menemukan produk keuangan terbaik.

Cermati juga menyediakan akses data ke ribuan produk keuangan secara gratis untuk memudahkan pengguna membuat keputusan finansial yang cermat.

Baca juga: Lazada Kebobolan, 1,1 Juta Data Pengguna RedMart Diretas

Tanggapan pihak Cermati

Kasus ini sendiri diakui oleh pihak Cermati melalui e-mail blast kepada para penggunanya yang dikirimkan 31 Oktober lalu.

Dalam surat elektronik (surel) tersebut, mereka mengakui bahwa ada pihak yang ingin menyusup ke sistem Cermati secara ilegal.

Meski demikian, tidak disebutkan secara gamblang apakah data penggunanya ada yang berhasil dibobol atau tidak, begitu juga jumlah 2,9 juta data pengguna yang disebutkan dalam laporan di atas.

"Kami mendeteksi adanya akses tidak sah ke dalam platform kami yang mengandung data dari sebagian pengguna Cermati.com," ujar pihak Cermati dalam sebuah surel, Sabtu (31/10/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X