PlayStation 5 Dapat Sertifikat Postel, Kapan Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 02/11/2020, 11:02 WIB
PlayStation 5 (PS5). Blog Sony PlayStationPlayStation 5 (PS5).

KOMPAS.com - Ada kabar baik bagi konsumen di Indonesia yang sedang menunggu kehadiran konsol game teranyar bikinan Sony, PlayStation 5 ( PS5).

Pasalnya, konsol game penerus PS4 tersebut, beserta sejumlah aksesorinya, sudah terdaftar di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Situs tersebut menampung beragam sertifikasi dari aneka perangkat wireless yang sudah, atau bakal dipasarkan di Indonesia.

Pantauan KompasTekno, Senin (2/11/2020), ada lima produk teranyar Sony yang terdaftar di situs tersebut.

Baca juga: Menerka Harga PS5 di Indonesia, Bakal Semahal Apa?

Kelima produk tersebut, berikut nomor modelnya, adalah Wireless Headset (CFI-ZWH1), PlayStation 5 (CFI-1018A), PlayStation 5 (CFI-1018B), Media Remote (CFI-ZMR1), dan DualSense Wireless Controller (CFI-ZCT1G). 

Ilustrasi PS5 beserta aksesorinya terdaftar di situs Postel.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi PS5 beserta aksesorinya terdaftar di situs Postel.

Seperti bisa disimak di gambar di atas, masing-masing dari lima produk tersebut juga terdaftar dengan nomor sertifikat 71066/SDPPI2020, 71072/SDPPI2020, 71073/SDPPI2020, 71075/SDPPI2020, dan 71087/SDPPI2020.

Nah, jika diamati seksama, ada dua model PS5 yang terdaftar, yakni CFI-1018A dan CFI-1018B. Model yang diakhiri huruf "A" konon merupakan PS5 versi reguler, sedangkan huruf "B" merupakan versi digital (tidak memiliki slot Blu-ray disc).

Meski sudah terdaftar di situs Postel, belum bisa dipastikan kapan PS5 bakal "mendarat" di Tanah Air.

Baca juga: YouTuber Bagikan Kesan Saat Membuka Kardus PlayStation 5

Sebagai informasi, konsol game ini dipastikan bakal meluncur 12 November mendatang di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, disusul dengan negara lainnya pada 19 November mendatang.

Dengan kata lain, tak menutup kemungkinan Indonesia bakal kebagian PS5 pada tanggal peluncuran 19 November, mungkin saja Indonesia termasuk ke dalam kategori "negara lainnya", meski belum ada tanda-tanda yang mengarah ke sana.

KompasTekno sendiri sudah menghubungi pihak Sony untuk meminta konfirmasi lebih lanjut. Namun, hingga berita ini ditulis, kami belum mendapatkan respons terkait kabar ini.

Sebelumnya, perwakilan Sony di Singapura (Sony Interactive Entertainment Singapore/SIES) sempat memastikan bahwa PS5 memang bakal dipasarkan di Indonesia. Hanya saja mereka tengah menyiapkan beragam hal terkait ketersediannya.

Baca juga: Game PS4 Bisa Dimainkan di PS5, Begini Caranya

"Saat ini, kami hanya dapat mengonfirmasi bahwa PS5 (dipastikan) akan tersedia di Indonesia," ujar Ian Purnomo, Public Relations & Developer Relations, SIES kepada KompasTekno, Kamis (17/9/2020) lalu.

"Terkait tanggal (peluncuran), saat ini kami dalam tahapan mempersiapkan peluncurannya. SIES akan mengumumkan tanggal peluncuran, harga, dan pre-order pada waktunya," pungkas Ian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X