Kompas.com - 02/11/2020, 12:58 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya berkutat pada aplikasi video pendek, perusahaan induk TikTok, ByteDance, kini melebarkan sayap dengan membuat produk baru.

Perusahaan asal China ini resmi merilis perangkat pintar yang ramah anak. Perangkat tersebut bernama Dali, sebuah lampu cerdas yang dibekali dengan layar dan kamera.

Lampu cerdas Dali dibuat untuk anak-anak, khususnya para pelajar di wilayah China. Lampu ini membantu para pelajar untuk pembelajaran jarak jauh.

Lewat perangkat tersebut, Dali akan memudahkan anak-anak dalam berkomunikasi tatap muka secara online dengan guru maupun orang tua.

Lampu pintar buatan ByteDance, Daligizmochina.com Lampu pintar buatan ByteDance, Dali

Layaknya perangkat smartphone, Dali dibekali dengan kamera yang memungkinkan orang tua
dapat berkomunikasi, memantau, mengawasi, dan mengajari anak-anak mereka dari jarak jauh melalui aplikasi khusus.

Baca juga: TikTok Ungkap Alasan Video Pengguna Dihapus

Dali juga didukung oleh asisten digital yang bertujuan untuk menjalankan perintah sesuai dengan keinginan penggunanya.

Kehadiran Dali disebut merupakan bagian dari serangkaian upaya  perusahaan untuk masuk ke dalam bidang edukasi yang masuk dalam program Dali Education.

Selain lampu cerdas Dali, ByteDance sendiri diketahui tengah mengembangkan dua layanan pendidikan, yaitu GoGoKid yang merupakan kelas khusus belajar bahasa Inggris dan Qingbei sebagai aplikasi belajar online untuk pelajar lokal di wilayah China.

Selain itu, Guagua Long dan Open Language juga merupakan dua aplikasi pembelajaran lainnya yang turut dikembangkan dan menjadi bagian Dali Education.

Baca juga: Media Asing Soroti Kesulitan Siswa dan Guru di Indonesia Belajar Online

Untuk mengelola bisnis di sektor pendidikan, ByteDance diklaim telah memperkerjakan sekitar lebih dari 10.000 pegawai saat ini.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (2/11/2020), di China, lampu pintar Dali dibanderol dengan harga mulai dari 119 Dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta.

Meski begitu, belum diketahui apakah produk ini juga akan dipasarkan secara global atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.