Samsung Luncurkan Fitur Pelacak Perangkat Galaxy yang Hilang

Kompas.com - 02/11/2020, 14:48 WIB
Ilustrasi tampilan fitur SmartThings Find. Samsung NewsroomIlustrasi tampilan fitur SmartThings Find.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Aplikasi penghubung perangkat pintar besutan Samsung, SmartThings, memiliki fungsi untuk mengontrol beragam smart device di dalam rumah dalam satu wadah.

Kini, aplikasi yang diluncurkan sekitar tahun 2015 tersebut semakin "pintar". Pasalnya, Samsung baru saja meluncurkan fitur baru bernama SmartThings Find di dalam aplikasi SmartThings.

Seperti namanya, fitur SmartThings Find bisa mencari dan melacak aneka perangkat pintar Samsung selain smartphone yang terhubung dengan aplikasi SmartThings, misalnya Galaxy Watch atau Galaxy Buds, dengan mudah.

Pengguna juga bisa melihat di mana perangkat tersebut berada melalui lokasi di peta berikut alamat dan titik lokasi, sehingga memudahkan mereka yang lupa menaruh perangkatnya.

Baca juga: Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global di Kuartal-III 2020

Fitur ini mengandalkan dua teknologi utama, yakni Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-wideband (UWB), di samping menggunakan koneksi seluler dan hotspot.

Dengan adanya BLE dan UWB, perangkat masih bisa dicari meski tidak tersambung dengan koneksi internet.

"Memanfaatkan teknologi BLE dan UWB terbaru, SmartThings Find akan membuat Anda tidak terlalu stres ketika harus mencari perangkat Galaxy yang salah tempat,” kata Jaeyeon Jung, Vice President and Head of SmartThings Team, Mobile Communications Business Samsung Electronics.

Perangkat akan mengirimkan sinyal ke perangkat Galaxy terdekat lainnya lewat Bluetooth, apabila perangkat yang dicari offline selama kurang lebih 30 menit.

Lalu, perangkat Galaxy terdekat yang menerima sinyal Bluetooth tersebut bakal mengirimkan lokasi perangkat Galaxy yang memancarkan sinyal BLE tersebut ke server Samsung.

Setelah itu, pengguna bisa menerima lokasi perangkat mereka yang hilang lewat notifikasi, meski perangkat yang sedang dicari offline.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Bakal Dijual Tanpa Charger?

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna wajib masuk ke dalam akun Samsung. Setelah itu, aplikasi akan bisa memandu pengguna untuk melacak perangkat yang ingin dicari atau hilang.

Untuk ketersediaan, fitur SmartThings Find sendiri sudah mulai disebar Samsung secara global melalui pembaruan (update) aplikasi SmartThings yang bisa diunduh di Galaxy Store atau Google Play Store.

Adapun fitur ini bakal tersedia untuk seluruh perangkat Samsung yang menjalankan sistem operasi Android 8 ke atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamsungNewsroom, Senin (2/11/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X