Aplikasi Facebook Sudah Punya Mode Gelap, Baru Sebagian yang Dapat

Kompas.com - 02/11/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Facebook ternyata sudah menyediakan tombol Mode Gelap ( Dark Mode) di aplikasi, namun baru untuk sejumlah pengguna terbatas. Ini menjadi bagian dari uji coba yang dilakukan oleh Facebook, untuk mendapat masukan pengguna.

Sebelumnya, Facebook memang pernah mengatakana akan menghadirkan opsi tampilan serba hitam, alias dark mode di dalam aplikasi Facebook versi Android dan iOS. Mode gelap untuk versi web telah dirilis Facebook sebelumnya. 

Kini, Facebook secara tidak langsung mengonfirmasi kehadiran fitur tersebut. Alih-alih konfirmasi secara langsung, pengujian dark mode ini terungkap dari sebuah video yang diunggah oleh periset aplikasi kenamaan, Jane Manchun Wong, di jejaring sosial Twitter.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode Facebook Versi Web

Video tersebut diklaim merupakan kolaborasi Jane dengan pihak Facebook, sehingga bisa dikatakan resmi.

Seperti bisa disimak di video di atas, pengguna Facebook nantinya bakal disodori dengan tampilan latar belakang aplikasi yang sarat akan warna hitam, berikut teks berwarna putih.

Meski demikian, elemen berwarna biru yang menjadi khas Facebook masih akan tetap menghiasi desain antarmuka (interface) aplikasi tersebut.

Di antaranya seperti warna tab/menu yang sedang dipilih, beragam tombol konfirmasi, chat bubble, ikon "like", dan lain sebagainya.

Adapun tampilan ini bisa diaktifkan melalui menu pengaturan di laman "Settings & Privacy". Tepat di bawah menu "Your Time on Facebook", pengguna lantas bisa memilih menu "Dark Mode" dan mengaktifkannya dengan memilih opsi "On".

Tampilan dark mode di Facebook.Macrumors Tampilan dark mode di Facebook.

Belum diketahui kapan sebenarnya fitur Dark Mode ini bakal disebarkan kepada pengguna secara luas.

Namun, pengguna bisa memperbarui aplikasi Facebook mereka di toko aplikasi masing-masing, untuk mengetahui apakah tombol Dark Mode itu sudah tersedia atau belum, seperti dirangkum KompasTekno dari MobileSyrup, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Penelitian Ungkap Mode Gelap di Smartphone Bisa Merusak Pola Tidur

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X