Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Luncurkan GPU Iris Xe Max untuk Laptop Tipis

Kompas.com - 02/11/2020, 18:08 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PCWorld

KOMPAS.com - Pasaran discrete graphics alias chip GPU yang berdiri terpisah dari prosesor utama di laptop selama ini dikuasai Nvidia dan AMD. Sekarang ada pemain baru, yakni Intel yang baru saja meluncurkan discrete GPU bernama Iris Xe Max.

Sebagai pengolah grafis discrete, Iris Xe Max yang dibuat dengan fabrikasi 10nm SuperFin memiliki VRAM LPDDR4X sebesar 4 GB (68 GB/s) dan interface PCI-Express 4.0 x4 sebagai jalur komunikasi data dengan prosesor utama.

Iris Xe Max ditujukan untuk laptop tipis dan ringan berbasis prosesor Intel Core Gnerasi ke-11 "Tiger Lake", di antaranya Dell Inspiron 15 7000, Acer Swift 3x, dan Asus VivoBook TP470. Iris Xe Max merupakan discrete GPU pertama Intel sejak i740 pada 1998.

Baca juga: Intel Jual Bisnis SSD Rp 132 Triliun ke SK Hynix

Spesifikasi teknis GPU Intel Iris Xe MaxIntel Spesifikasi teknis GPU Intel Iris Xe Max

Dengan kinerja video encoding yang disebut bisa hampir dua kali lebih kencang dibandingkan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080, Iris Xe Max menyasar kalangan "mobile creator".

Selain itu, Intel turut mengklaim bahwa Iris Xe Max juga dapat diandalkan untuk bermain game populer (AAA), dengan frame rate di kisaran 30 FPS untuk resolusi 1080p.

Dalam data benchmark Intel, kinerja gaming Iris Xe Max terlihat sedikit lebih tinggi dibandingkan discrete GPU Nvidia GeForce MX350.

Baca juga: GPU Nvidia GeForce RTX 3000 Dipastikan Gaib sampai 2021

Rahasia performa Iris Xe Max adalah teknologi Deep Link dari Intel, yang mengoptimalkan pembagian beban kerja antara GPU discrete dengan GPU terintegrasi di prosesor utama "Tiger Lake", sekaligus memaksimalkan efisiensi daya.

Data benchmark dari Intel yang membandingkan kinerja Iris Xe Max dengan GeForce MX350 dalam menjalankan sejumlah game populerIntel Data benchmark dari Intel yang membandingkan kinerja Iris Xe Max dengan GeForce MX350 dalam menjalankan sejumlah game populer

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC World, Senin (2/11/2020), produk-produk laptop dengan discrete GPU Iris Xe Max dijadwalkan akan mulai hadir di pasaran pada November 2020.

Selain untuk laptop, Iris Xe Max juga akan hadir di desktop dalam bentuk add-in card. Namun, komponen ini hanya bakal tersedia untuk para pabrikan komputer OEM rekanan Intel, bukan konsumen secara umum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PCWorld


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com