WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Pesan yang Bisa Terhapus Otomatis

Kompas.com - 03/11/2020, 10:22 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp diketahui tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pesan terhapus dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu.

Kini, fitur yang disebut Dissapearing Messages ini dipastikan hadir dalam pembaruan WhatsApp beberapa waktu ke depan.

Hal tersebut dikonfirmasi pihak WhatsApp lewat laman pertanyaan, alias FAQ.

Di halaman tersebut, terdapat sederet informasi terkait fitur Dissapearing Messages, mulai dari cara mengaktifkan serta mekanisme kerja fitur tersebut, hingga imbauan untuk tidak menggunakan fitur ini sembarangan.

Cara mengaktifkan dan mekanisme kerja

Berdasarkan laman FAQ tersebut, fitur Dissapearing Messages bisa diaktifkan dengan cara meng-klik nama kontak atau grup (khusus admin). Kemudian, pilih menu "Dissapearing Messages" dan pilih opsi "On".

Ketika diaktifkan, pesan WhatsApp pribadi/grup nantinya akan hilang dalam waktu 7 hari. Pesan tersebut juga bakal hilang apabila pengguna tidak membuka WhatsApp dalam kurun waktu yang sama.

Baca juga: WhatsApp Saat Ini, 2 Miliar Pengguna 100 Miliar Pesan Per Hari

Namun, pesan yang sudah hilang masih bisa dilihat di bilah notifikasi, apabila pengguna belum membersihkannya.

Perlu dicatat, fitur ini tidak berlaku bagi pesan yang sudah dikirimkan sebelum fitur Dissapearing Messages diaktifkan.

Laman FAQ tersebut juga menjelaskan bahwa pesan WhatsApp yang dikutip, masih bisa dilihat oleh pengguna selama 7 hari. Artinya, pengguna masih bisa melihat pesan yang sudah hilang melalui kutipan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WABetaInfo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X