WhatsApp Rilis Fitur Storage Management untuk Menghemat Memori Ponsel

Kompas.com - 03/11/2020, 17:39 WIB
Fitur Storage Management di aplikasi WhatsApp macrumorsFitur Storage Management di aplikasi WhatsApp
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dengan banyaknya kontak yang mengirim aneka berkas dokumen, foto, serta video, ukuran folder WhatsApp di ponsel lekas membengkak dan menyita ruang penyimpanan di perangkat.

Untuk membantu pengguna mengatasi masalah tersebut, WhatsApp kini telah mendatangkan fitur baru bernama Storage Management.

Baca juga: WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Pesan yang Bisa Terhapus Otomatis

Sesuai dengan namanya, fitur Storage Management dapat memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten atau file pada aplikasi.

Lewat fitur ini, pengguna bisa secara langsung menyortir dan memilah file mana saja yang tidak diperlukan dan bisa dihapus guna menghemat kapasitas memori penyimpanan di ponsel mereka.

Selain itu, fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran file, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil. Pengguna pun dapat melihat preview dokumen atau file yang telah dipilih sebelum menghapusnya secara permanen.

Tampilan fitur Storage Management di WhatsApp beta versi 2.20.205.7KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan fitur Storage Management di WhatsApp beta versi 2.20.205.7
Storage Management bisa diakses dengan mudah, yakni dengan membuka menu Settings lewat tombol tiga titik vertikal di kanan atas, kemudian memilih Storage and Data > Manage Storage.

Baca juga: Cara Mengubah Font WhatsApp dan Instagram Tanpa Instal Aplikasi Lain

WhatsApp kemudian akan menampilkan semua file media yang terdapat di ponsel, berikut keterangan lain seperti ukuran masing-masing. KompasTekno sudah menjumpai fitur Storage Management di WhatsApp beta versi 2.20.205.7.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno dari WhatsApp, Selasa (3/11/2020), fitur Storage Management rencananya bakal diluncurkan secara global pada pekan ini ke seluruh pengguna WhatsApp versi terbaru.

Informasi mengenai fitur Storage Management dapat dilihat di kanal YouTube resmi WhatsApp di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.