Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pemilu Presiden AS Bisa Dipantau di Situs Ini

Kompas.com - 04/11/2020, 10:14 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilu presiden Amerika Serikat mulai digelar pada Selasa (3/11/2020) waktu setempat (EST), atau Rabu (4/11/2020) pagi Waktu Indonesia Barat.

Ada dua kandidat yang bertarung pada pemilu presiden AS ini, yaitu Donald Trump sebagai petahana dari Partai Republik dan Joe Biden sebagai penantang dari Partai Demokrat.

Trump ataupun Biden harus bisa mengumpulkan 270 suara elektoral (electoral votes) agar bisa memenangi pemilu.

Hingga Kamis (5/11/2020) pagi sekitar pukul 07.00, Joe Biden unggul sementara dari Donald Trump dengan perolehan suara elektoral (electoral votes) 264 lawan 214.

Artinya, Biden hanya butuh 6 suara elektoral lagi agar ditetapkan sebagai pemenang Pilpres AS 2020. Trump ataupun Biden harus bisa mengumpulkan 270 suara elektoral agar bisa memenangi Pemilu.

Baca juga: Hasil Pilpres AS 2020 Trump vs Biden

Setiap negara bagian di AS memiliki porsi suara elektoral bervariasi berdasarkan jumlah senator dan perwakilannya. Negara bagian Florida, misalnya, memiliki porsi 29 suara elektoral, sedangkan negara bagian Georgia hanya memiliki 16 suara elektoral.

Nantinya, pemenang di masing-masing negara bagian akan mendapatkan semua suara elektoral.

Sehingga, kemenangan pemilu presiden AS bukan berdasarkan jumlah suara terbanyak dari semua penduduk AS, melainkan kemenangan per wilayah berdasarkan akumulasi suara elektoral tadi.

Baca juga: Melihat Kesibukan Donald Trump di Twitter Selama 24 Jam Terakhir

Biasanya, pemenang pemilu presiden AS dapat diketahui di pengujung malam pada hari pemilu (Selasa) waktu setempat, alias hari Rabu waktu Indonesia.

Tampilan hasil pemilu AS di situs Google, Bloomberg, dan New York Times.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan hasil pemilu AS di situs Google, Bloomberg, dan New York Times.

Anda bisa memantau live update terkait hasil akhir pemungutan suara pemilu presiden AS di sejumlah media internasional, seperti:

Selain itu, Google juga menyediakan tracking hasil Pilpres AS di laman beranda situs Google.com. Pengunjung cukup memasukkan kata kunci terkait seperti "pemilu Amerika" atau "US election", Google pun akan menampilkan tracking di urutan teratas hasil pencarian.

Baca juga: Facebook Akui Bantu Donald Trump Menangi Pilpres AS

Sama seperti electoral votes, jadwal penutupan polling bervariasi di setiap negara bagian.
Berdasarkan situs 270towin.com, hasil pemungutan suara bakal ditutup mulai dari pukul 18.00 EST (06.00 WIB) hingga pukul 01.00 EST (13.00 WIB).

Misalnya, negara bagian Florida bakal menutup pemungutan suara pada pukul 19.00 waktu setempat (07.00 WIB), sedangkan negara bagian California bakal menutup polling pada pukul 23.00 waktu setempat (11.00 WIB).

Hasil penghitungan suara pemilihan presiden Amerika Serikat, antara Donald Trump dan Joe Biden memang menunjukkan persaingan sengit di sejumlah negara bagian kunci. Namun hasil diperkirakan akan ditentukan oleh puluhan juta suara lewat pos yang belum dihitung.

Hasil sejauh ini menunjukkan hasil sangat ketat di negara bagian penting, Arizona, Georgia, Wisconsin, Michigan dan Pennsylvania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com