Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Memory Recaller di Vivo V20 Bisa Bikin Foto Lawas Jadi Tajam

Kompas.com - 04/11/2020, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo V20 yang dirilis pada akhir September lalu mengunggulkan sektor kamera sebagai nilai jual utama. Selain bisa mengambil gambar dengan kualitas ciamik, Vivo V20 juga dibekali fitur photo editor yang mumpuni.

Software Vivo Photo Editor memiliki sejumlah fitur untuk mempercantik gambar. Salah satunya adalah fitur bernama Memory Recaller. Fitur ini memungkinkan pengguna menyulap foto lawas menjadi tampak lebih tajam layaknya foto baru.

“Konsumen dapat menghadirkan memori kembali dengan merestorasi foto lama mereka menggunakan fitur Memory Recaller vivo V20," ujar Senior Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (4/11/2020).

Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup masuk ke aplikasi Album. Kemudian, pilih foto lawas yang ingin diedit dan klik ikon "Edit" yang terletak di bawah tampilan aplikasi. Lalu, pilih "Repair" dan klik "HD Restoration".

Baca juga: Kamera Vivo V20 Bisa Jepret Obyek Bergerak Tanpa Buram

Pengguna juga bisa menghilangkan efek kabut di foto lama dengan mengatur opsi "Dehaze". Apabila telah selesai diedit, klik ikon "ceklis" di ujung kanan bawah dan klik tombol simpan yang terletak di ujung kanan atas aplikasi.

Selesai, foto lama yang diedit akan menjadi seperti foto baru yang dipercantik, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Tampilan foto yang telah diedit menggunakan Memory Recaller. Foto asli ada di sebelah kiri, sementara foto yang sudah diedit ada di sebelah kanan.Vivo Tampilan foto yang telah diedit menggunakan Memory Recaller. Foto asli ada di sebelah kiri, sementara foto yang sudah diedit ada di sebelah kanan.
"Fitur (edit foto) yang kami hadirkan kami harap dapat mendukung kebutuhan konsumen di Indonesia,” imbuh Ricky.

Selain Memory Recaller, ada pula fitur Dynamic Sky yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan langit pada foto.

Sama seperti menggunakan fitur Memory Recaller, pengguna bisa mengakses fitur ini dengan cara mengunjungi aplikasi Album, memilih foto pemandangan langit yang ingin disulap, dan lantas meng-klik tombol "Edit".

Kemudian, klik menu "AI Image Matting" dan pilih opsi "Sky". Lalu, pilih opsi "Dynamic Sky" untuk membuat awan-awan di langit bergerak, atau opsi "Change Sky" untuk mengubah warna langit seperti gambar berikut.

Baca juga: Mengenal Fitur Kamera dan NFC Andalan Vivo V20

Tampilan langit yang sudah diedit menggunakan fitur Dynamic Sky.Vivo Tampilan langit yang sudah diedit menggunakan fitur Dynamic Sky.
Jika sudah selesai mengedit foto langit, klik ikon "ceklis" di ujung kanan bawah dan klik tombol simpan yang terletak di ujung kanan atas aplikasi.

Fitur andalan Vivo V20

Selain fitur pengedit foto, Vivo V20 juga dibekali dengan beragam fitur andalan lain, salah satunya adalah kamera selfie 44 megapiksel (MP) dengan teknologi Eye Autofocus dan Eye Tracking.

Fitur 44 MP Eye Tracking berguna untuk mendeteksi mata pengguna saat melakukan swafoto sambil bergerak. Hal itu dimaksudkan agar gambar yang tertangkap lebih jelas atau tidak blur.

Kemudian, teknologi 44MP Eye Autofocus akan secara otomatis mengunci obyek dari jarak dekat ataupun jarak jauh maksimal 15 cm agar tetap bisa menghasilkan gambar yang tajam dan jelas.

Ilustrasi Vivo V20.Vivo Ilustrasi Vivo V20.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com