Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Android Bakal Bisa Dikunci Pakai Wajah?

Kompas.com - 04/11/2020, 12:13 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pesan instan WhatsApp diketahui tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengunci aplikasi dan hanya bisa membukanya lewat pengenalan wajah (face unlock).

Kabar ini terendus dari halaman WABetaInfo yang kerap memberi bocoran tentang fitur-fitur WhatsApp dengan akurat.

Berdasarkan penelusuran WABetaInfo, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.20.203.3 (Android) yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan fitur untuk membuka aplikasi lewat sensor pengenalan wajah.

Menu sistem keamanan WhatsApp yang semula menggunakan sensor sidik jari (fingerprint lock), nantinya akan beralih ke sensor pengenalan biometrik (biometric lock).

Baca juga: WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Pesan yang Bisa Terhapus Otomatis

Fitur Biometrick Lock di aplikasi WhatsApp berbasis AndroidWABetaInfo Fitur Biometrick Lock di aplikasi WhatsApp berbasis Android
Fitur ini konon akan dapat digunakan pada smartphone yang juga memiliki fitur keamanan pengenalan wajah. 

Sayangnya, belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini bahkan dalam versi beta. Pihak WhatsApp sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan resmi soal rencana untuk menghadirkan fitur keamanan ini untuk pengguna Android.

Sebelumnya, pada 2019 lalu, fitur biometrik sudah hadir lebih dulu untuk pengguna WhatsApp berbasis iOS.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat mengunci dan membuka aplikasi WhatsApp dengan wajah atau sidik jari, jika perangkat iPhone memiliki fitur Face ID atau Touch ID.

Baca juga: Trik Tersembunyi untuk Mematikan Sementara WhatsApp

Setelah WhatsApp terkunci pada waktu yang telah ditentukan, pengguna diharuskan melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID untuk membukanya kembali, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (4/11/2020).

Jika sedang tak ingin membuka WhatsApp, pengguna pun bisa membalas pesan dan menjawab telepon WhatsApp dari notifikasi di "Lock Screen", meskipun terlindungi teknologi biometrik ini.

Untuk menikmati fitur biometrik ini, pengguna dengan perangkat iOS bisa memperbarui WhatsApp ke versi terbaru melalui App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com