Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Telegram, Bisa "Pin" Banyak Pesan Sekaligus

Kompas.com - 04/11/2020, 14:17 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Telegram baru-baru ini menambah sederet fitur anyar. Salah satunya adalah Multiple Pinned Messages yang memungkinkan pengguna menyematkan lebih dari satu pesan (message) di satu jendela percakapan pribadi, grup, atau channel.

Sejumlah pesan yang disematkan tersebut lantas bakal bisa dilihat di bagian atas jendela percakapan.

Baca juga: Telegram Luncurkan 3 Fitur Baru, Ada Mode Batman

Tepat di sebelahnya, terdapat sebuah ikon menyerupai jarum kertas atau push pin yang yang bisa di-klik untuk menampilkan aneka pesan yang telah disematkan tadi di dalam jendela terpisah.

Tidak disebutkan berapa banyak pesan yang bisa di-pin, namun berdasarkan uji coba KompasTekno, pengguna bisa menyematkan lebih dari 10 pesan.

Ilustrasi tampilan Multiple Pinned Message.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi tampilan Multiple Pinned Message.

Di samping fitur Multiple Pinned Message, Telegram juga memperbarui fitur Live Locations yang sudah ada di aplikasi tersebut sejak tahun 2017.

Kini, fitur tersebut bakal bisa memberikan notifikasi kepada pengguna apabila pengguna lainnya sedang berada di sebuah lokasi yang dekat dengan mereka. Live Locations hanya akan berfungsi ketika lawan percakapan membagikan lokasi masing-masing.

Ada pula fitur yang memungkinkan aplikasi menyusun deretan file lagu yang dikirimkan dalam sebuah chat bubble, sehingga akan menyerupai sebuah playlist.

Baca juga: Telegram Kini Punya Fitur Video Call di Android dan iOS

Pengguna lantas bisa mengunduh dan memainkan lagu yang tersusun di dalam satu chat bubble tersebut dengan menekan tombol play.

Selain aneka fitur ini, Telegram juga meluncurkan fitur Channel Post Stats yang berfungsi untuk memantau aktivitas di public channel, serta sederet emotikon animasi anyar bertema Halloween, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogTelegram, Rabu (4/11/2020).

Nah, untuk bisa memanfaatkan aneka fitur teranyar tadi, pengguna ponsel Android bisa memperbarui atau mengunduh aplikasi Telegram versi 7.2.1 di tautan berikut, sementara pengguna iOS bisa mendapatkannya di link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com